LEMBAGA JPKP DPC TABUT MELAKUKAN SOSIALISASI




SuaraIndonesia1, Sangihe, 26 Juli 2023 Bertempat di Pendopo Kantor Camat Tabukan Utara, Lembaga Jaringan Pendamping Kebijakan Pembangunan (JPKP) Dewan Pengurus Cabang (DPC) Kecamatan Tabukan Utara melakukan Sosialisasi tentang Kelembagaan, diantaranya mengenai Tugas, Wewenang, Fungsi dan Kegiatan Sosial lainnya.


Pada saat membuka kegiatan sosialisasi, Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) Sangihe, Berty Ferdinand Patras mengatakan bahwa Kelembagaan JPKP di sangihe adalah menjadi Mitra dari Pemerintah, baik di tingkat Kabupaten, Kecamatan bahkan sampai di Kampung, sehingga kami sudah melakukan Kunjungan serta Audiensi dengan Forkopimda Kab. Sangihe.


" selama ini kami sudah sering melakukan kegiatan Pendampingan membantu keluhan Masyarakat di tiap-tiap instansi teknis terlebih dalam hal pengurusan Administrasi Penduduk, Bansos, BPJS dan Bea Siswa bagi anak-anak sekolah" kata Berty F. Patras


Sekretaris DPD, Fandy Kairupan menambahkan bahwa dalam melakukan kegiatan di lapangan, JPKP selalu berpedoman pada AD - ART Lembaga.


" kami selaku pengurus JPKP memiliki prinsip bahwa setiap turun kegiatan selalu mengacu pada petunjuk pelaksanaan yang sudah ada dalam AD-ART sehingga kami selalu berkomunikasi dengan intansi teknis sehingga apa yang menjadi keluhan masyarakat bisa mendapat solusi, selain itu kami juga selalu mengawasi serta mengawal program Pemerintah sehingga bisa tepat sasaran. ungkap Fandy Kairupan.


Pada kegiatan itu Hasannudin Mingkuli, Sekretaris JPKP - DPC Tabukan Utara menyampaikan bahwasanya Pengurus DPC Tabut sudah memiliki Surat Keputusan dari Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Provinsi Sulawesi Utara dengan susunan struktur :

Ketua : Benyfacius Sasiang

Sekretaris : Hasannudin Mingkuli

Bendahara : Ferdy Frans Hamenda 

Kadiv Investigasi : Iskandar S. Bariyah

Kadiv Sosial : Hulik Manahede

Kadiv Pemberdayaan : Anice Tatali

Kadiv Humas : Selvina Malintoi



Selain itu Hasannudin Mingkuli juga mengatakan bahwa selama ini kegiatan sudah dilakukan dengan mendampingi masyarakat dalam hal pengurusan Administrasi Penduduk dan bansos

" kami sering mendampingi masyarakat datang ke Dinas Kesehatan, Dukcapil dan Kantor BPJS sehingga keluhan masyarakat yang tidak terdaftar  di BPJS dapat terakomodir, demikian juga dengan beberapa masalah sudah beberapa kali kami tangani dengan melakukan Koordinasi kepada Pemerintah Kampung sehingga program tersebut bisa sesuai dengan manfaat yang sebenarnya" ujar Hasannudin Mingkuli.



sementara itu, Kapitalaung Kampung Lenganeng, Heski Sasundu yang menjadi salah satu peserta Sosialisasi menanggapi positif kegiatan yang di lakukan.

" sangat baik dan bagus karena dengan kegiatan ini kami bisa mengetahui tugas dan kerja dari Pengurus JPKP, sehingga kami akan siap bekerjasama dan membangun Sinergitas dengan JPKP" jelas Heski.


begitu juga dengan Bapak Budiman, dia mengatakan bahwa dengan adanya Sosialisasi ini, kami bisa mengetahui Program Pemerintah khususnya dalam hal Pengurusan BPJS dan Bansos.

Acara Sosialisasi tersebut berjalan dengan sangat harmonis.


Kabiro Sangihe,

Hasan M.