BREAKING NEWS
latest
header-ad

468x60

header-ad

Satu Ekor Penyu Berhasil di Selamatkan Petugas Balai Taman Nasional Bunaken Bersama Tim Grand Luley Hotel


Suaraindonesia1,Manado.Petugas Balai Taman Nasional (TN) Bunaken bersama dengan tim dari Grand Luley Manado melepaskan satu ekor penyu betina di dermaga Grand Luey Manado hasil penyerahan masyarakat (1/8/2023).



Satu ekor penyu betina ditemukan di perairan pantai Ra-Rap Tongkeina, Selasa 01 Agustus 2023.
Setelah menemukan penyu ini, warga sekitar yang tahu akan hal ini kemudian membawanya ke darat dan melaporkan kejadian ini kepada Balai Taman Nasional (TN) Bunaken. 

Selanjutnya petugas Balai Taman Nasional (TN) Bunaken langsung mengamankan penyu tersebut dan membawa penyu tersebut untuk kemudian diperiksa oleh dokter hewan.




Setelah diperiksa, hasil identifikasi menyatakan bahwa penyu tersebut adalah jenis penyu betina remaja berukuran sekitar panjang 44 cm lebar 33 cm dan dalam keadaan sehat.

Penyu ini kemudian dibawa ke dermaga Grand Luley Manado untuk selanjutnya dilepaskan di area sekitar dermaga karena dermaga ini dinilai yang paling aman. Pelepasan penyu ini dilakukan secara bersama-sama oleh petugas Balai Taman Nasional Bunaken dan manajemen Grand Luley Manado yang di koordinir langsung oleh ibu Lenda sekitar pukul 17:20.

Setelah melakukan pelepasan penyu petugas BTNB berterima kasih kepada masyarakat terutama kepada yang menyelamatkan penyu tersebut atas usaha dan kerjasamanya dan mengajak masyarakat untuk sama-sama terlibat dalam pelestarian satwa liar apalagi penyu memiliki peran penting dalam ekosistem sebagai pemangsa ubur-ubur. Ubur-ubur sendiri dapat menghambat populasi ikan karena ubur-ubur itu memangsa telur dan larva ikan.

Semoga penyu tetap lestari di seluruh Kawasan Taman Nasional Bunaken dan di Indonesia.(Si1-Rom)
« PREV
NEXT »