Poktan Ontomuno Bintauna Menyesalkan Tindakan Relokasi Alat Pengering Gabah



BOLMUT,Suaraindonesia1. Ketua Kelompok tani (Poktan) Ontomuno, Kecamatan Bintauna,Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut),Awat Alamri menilai Relokasi (pemindahan) Alat Pengering (Vertical Dryer) padi  yang akan dipindahkan ke Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) yang dilakukan oleh Dinas Pertanian (distan) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) adalah tindakan yang sangat merugikan petani di Bintauna.

Menurut Awat,Alat Pengering yang akan direlokasi ke Kabupaten Bolmong merupakan tindakan yang tidak solutif.

"Merelokasi Alat pengering ke Daerah diluar Bolmut bukan solusi,"ucap Awat saat bersua dengan awak media ini,Jumat (29/9/2023).

Mestinya kata Awat,Relokasi Vertical Drayer atau biasa di sebut Alat pengering gabah cukup direlokasi saja ke wilayah lain yang ada di Kabupaten Bolmut. "Bukan malah direlokasi ke Daerah luar Bolmut," katanya.

Dia menyampaikan juga,jika alasan Distan Sulut merelokasi Alat itu karena dalam pemanfaatannya ditemukan tidak maksimal dan disisi lain ada Poktan diluar Bolmut yang membutuhkan alat tersebut serta tidak adanya pengadaan alat  itu lagi di tahun ini dan tahun depan,bukan berarti alat itu harus direlokasi ke Kabupaten lain.

"Mestinya Distan Sulut bertindak bijaksana dan solutif,misalnya Distan Sulut berkoordinasi dengan Pemda Bolmong,atau melobi ke kementrian pertanian agar Poktan di Bolmong bisa mendapatkan bantuan serupa.Bukan malah merelokasi yang ada pada kami,"ujarnya.

Untuk  itu dia meminta agar Distan Sulut membatalkan relokasi ini dan mencari solusi bagi kedua bela pihak."Sehingga tidak ada yang merasa dirugikan," pungkasnya. (Fhik)