Terima Kunjungan Muhammadiyah, Bupati Saipul Bahas Pengembangan Jurusan Pertambangan


Suaraindonesia1, Pohuwato - Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga menerima kunjungan pengurus Pimpinan Daerah Muhammadiyah Pohuwato, Selasa (21/11/2023).

Kunjungan silaturahmi tersebut membahas beberapa hal terutama tentang niat dari Muhammadiyah untuk mengembangkan jurusan pertambangan melalui Sekolah Tinggi Muhammadiyah.

Menanggapi hal itu, selaku pemerintah daerah, Bupati Saipul sangat mendukung apalagi di dalamnya ada jurusan pertambangan.

Karena menurutnya, hal tersebut sejalan dengan kondisi dan keadaan Kabupaten Pohuwato yang membutuhkan sumber daya di bidang pertambangan.

"Nantinya kalau Muhammadiyah akan memasukkan jurusan pertambangan, maka anak-anak kita nantinya akan difungsikan SDMnya," ujar Saipul.

Bupati Saipul menjelaskan, saat ini sudah ada sekitar 900 orang tenaga kerja lokal yang bekerja di perusahaan pertambangan yang beroperasi di Pohuwato.

"Sekarang tenaga kerja kita kurang lebih 900 orang totalnya. Tapi kalau hadirnya jurusan pertambangan maka mereka di tempat sesuai dengan keilmuan mereka, dan itu putra daerah," jelasnya.

Bupati Saipul juga mendukung beberapa program Muhammadiyah di bidang keagamaan utamanya untuk menangkal isu radikalisme.

Sebelumnya, Ketua PDM Pohuwato, Dr. Abdul Razak Mozin menyampaikan rencana pembangunan Sekolah Tinggi Muhammadiyah di Pohuwato yang akan menghadirkan jurusan pertambangan, karena jurusan ini penting untuk mendukung pengembangan sumber daya Pohuwato.

Lanjut Razak, rencana pembangunan sekolah tersebut juga akan menghadirkan beberapa basic keilmuan lainnya, seperti kesehatan dan pendidikan. Nantinya Sekolah Tinggi Muhammadiyah ini akan bekerja sama dengan Universitas Muhamadiyah yang sudah besar yang ada di Indonesia.

"Kami akan bekerja sama dengan Universitas Muhammadiyah ternama sebagai bapak angkat untuk mengembangkan sekolah tinggi Muhammadiyah sampai bisa mandiri nantinya," ujarnya.

Razak pun mengutarakan, tidak hanya Sekolah Tinggi Muhammadiyah, juga tengah mempersiapkan klinik kesehatan dan pengembangan amal usaha Muhammadiyah yang ada di Pohuwato.

Turut hadir dalam silaturahmi tersebut, Sekertaris PDM Pohuwato, La Sinta Olu, serta anggota Muhammadiyah Pohuwato.

(Abd)