Enam Bulan Gaji Perangkat Desa tidak Terbayar, ini Lemahnya Fungsi Pengawasan

Kabid Pendes SBD



Noha - suaraibdonesia1, Enam bulan gaji perangkat desa Noha kecamatan kodi Utara kabupaten Sumba Barat Daya NTT pada tahun 2023 lalu hinggah memasuki tahun 2024 masih menuai persoalan dan gugatan perangkat desa Noha .


Tertanggal 8 Januari 2024 pagi , Simon Lende sebagai kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa yang di temui awak mediaSuaraIndonesi hendak diwawancarai tentang dugaan persoalan gaji perangkat desa Noha tahun 2023 hinggah memasuki tahun 2024 yang belum di bayar oleh Ruben Rangga Bokol sebagai  kepala desa di Desa  Noha , akibat waktu yang tidak bisa diheldel akhirnya mengarahkan media untuk bertemu dengan kabid pemdes .


Hari yang sama waktu yang sedikit berbeda berdasarkan arahan kepala dinas , awak media langsung bertemu  Yadi Beleko sebagai kepala bidang pemerintah desa guna dimintai tanggapan beberapa persoalan yang tengah menjadi pembicaraan hangat masyarakat terutama kaitan gaji perangkat desa Noha 2023 yang belum dibayar oleh kepala desa serta kaitan program rumah layak huni di desa Rada Loko kecamatan Kodi Bangedo dan beberapa konstruksi pembangunan ruas jalan yang lahir dari Dana Desa yang diduga dikerjakan oleh oknum-oknum petinggih Negara .


Dari beberapa persoalan , Yadi Beleko menanggapi bahwa kaitan dengan gaji perangkat desa Noha yang belum dibayar oleh kepala desa selama enam bulan pada tahun 2023 ,


 dijelaskannya bahwa kepala desa Noha sudah melakukan komunikasi dengan kami kalau Transaksi pencairan DD baru terjadi ditanggal 3 januari 2024 secarah tunai di Bank NTT , dan baru-baru ini karena ada beberapa riak belum membayar honor saya langsung koordinasi kepala desa lewat via telepon guna memastikan hal itu .


Ternyata kepala desa membenarkan hal itu dikarenakan penarikan DD secarah tunai di bank NTT baru terjadi di tanggal 3 januari 2024 dan apakah ini terjadi kesalahan ? Secarah teknis kami juga tidak tahu dan kami dinas PMD sebatas menyalurkan DD dari RKUD ke RKD . Dan setelah RKD dengan bank bahwa secarah teknis itu urusan mereka ( Bank dan Desa ) yang jelasnya bahwa kami sudah salurkan dan secarah teknis pula bahwa sebelum akhir bulan Desember 2023 baik ADD maupun DD bahwa 100 % sudah tersalur  ke masing-masing rekening desa dan hanyalah transaksi pencairan apakah diberikan 100 % atau  tertunda pada tahun berikutnya sampai saat ini kami belum lakukan konfirmasi ke bank , Namun menurut kepala desa bahwa baru terjadi transaksi pencairan antara bank NTT dengan desa Noha di tanggal 3 januari 2024 yang menyebabkan beberapa hak perangkat desa belum di bayar dan hari ini juga saya belum konfirmasi kepala desa , ungkapnya .


Serta kaitan dengan program rumah layak huni terutama di desa RadaLoko kecamatan Kodi Bangedo bahwa kami sudah konfirmasi di kepala desa dan memangnya konsep rumah layak huni saat ini hanya bantuan stimulan saja dengan maksimal pagu dananya yang sepuluh juta dan apakah stimulan ini dimulai dari fondasi atau bahan lokal  lainnya kami akan konfirmasi terutama tentang pagu tersebut seperti apa tetap kami konfirmasi kejelasan dan kebenarannya .


Dan juga banyak yang menaksirnya bahwa bantuan rumah layak huni kepada masyarakat mestinya rampung tetapi sesuai permendes nomor 8 sejak tahun 2023 boleh digunakan DD namun pagunya dibatasi serta kami akan konfirmasi di kepala desa tentang pagu sepuluh juta sampainya dimana , tutupnya mengakhiri .


Selain Gaji Perangkat desa ternyata Masih ada Bantuan Traktor Mini... Yang di peruntukan Masyrakat tani


Berdasarkan  pengakuan Warga Masyarkat bantuan Traktor Mini ada enam buah tahun Anggaran 2023 yang bersumber dari Alokasi dana Desa


Enam unit traktor mini bantuan Masyrakat belum terealisasi 


Menurut Pengakuan warga enam.Unit traktor mini berkisar 360 juta Rupiah... (Eman Ledu& Tibo)