Kades Kalena Rongo Rintis Jalan Baru Pagu Dana Ratusan Juta, Warga Berharap Desanya Cepat Maju




Kalena Rongo, Suaraindonesia1  - Dengan dibukanya jalan dari kampung Kalembu Dara yang menghubungkan kampung  atau biasa di Sebut Jalan tani oleh Kepala Desa  Rofinus Gheru Kaka,, warga berharap desanya semakin maju dan sejahtera.


Kepala  desa  Kalena Rongo ,Kecamatan  Kodi Utara,  Kabupaten Sumba barat daya,  Rofinus  mengatakan dengan dibukanya akses ini memudahkan petani ke kebun dan mengangkut hasil pertanian dengan Sepeda Motor.


Hasil Musyawarah dari Warga dusun II  ia Mengusulkan perintisan Jalan tani, Jelas Kades Rofinus Gheru Kaka,pada media 24 Januari 2024



Menurut Kades Sebelumnya petani di wilayah itu mengangkut hasil pertanian dengan  Manual.


Berdasarkan temuan lapangan  ada Salah satu Deker mini yang Jebol Akibat dari Kurang Berkualitas Campuran  


Kepala desa Kalena Rongo mengakui  berdasarkan fakta yang ada,nanti Dalam Waktu dekat saya akan Perbaiki  kata kades Rofinus



 menurut Pengakuan Warga  yang di temui Media secara terpisah  pada hari tanggal Rabu 24/1/2024   Selama ini kami memikul sendiri atau manual., namun sekarang sepeda motor sudah bisa masuk area perkebun, selain itu jalan baru ini memudahkan kami saling berkunjung.


"Sekarang dari kampung Wilayah Dusun II menuju kampung  Kalembu Dara menjadi lebih dekat dengan jalan baru. Dulu kami harus melewati  hempitan Jambu Mete tetangga, dengan dibukanya isolasi ini akan menjadi satu urat nadi utama warga menuju kebun," kata  Warga kepada Media Suarindonesia, Rabu  (24/1/2024) Sore.


Ia memuji kinerja pemerintah desa  Desa Kalena Rongo. "Selama  tahun kepemimpinan Kepala desa  Rofinus , pengelolaan dana desa cukup transparan, hasil pembangunan berupa infrastruktur dan pemberdayaan masyarakat sangat maju," ujar  warga dusun II Desa Kalena Rongo.


Senada dengan , warga dari  Dusun II,, mengapresiasi pembukaan ruas jalan   dengan Volume 2100 Meter. Dengan di bukanya jalan ini, menyatukan kami keluarga besar di dusun II yakni Wilayah Kalembu dara dan Beberapa Perkampungan di wilayah.


Beberapa Tokoh Masyarakat desa Kalena Rongo ketika  Media di mintai   tanggapan mengatakan, pembukaan jalan baru sepanjang 2 kilometer ini menggunakan ADD Rp300  juta, dengan melibatkan pihak ketiga.


"Ini kita buat atas aspirasi warga, untuk memudahkan akses dari kampung  menuju kampung  Wilayah Dusun II atau sebaliknya, selain itu akses jalan ini untuk menggerakan roda perekonomian desa," ucap tokoh Masyrakat (Tomas )  Kalena Rongo.

(Liputan Tibo Suraindonesia1).