HPSN 2024- Ini Himbauan Kepala Dinas Ligkungan Hidup Kab. Nabire




Nabire - Suaraindonesia1, Setiap tahunnya, tepat pada tanggal 21 Februari diperingati sebagai Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) dan tahun ini peringatan HPSN, juga dilakukan sebagai bagian dari kampanye pentingnya menjaga kebersihan lingkungan.Sabtu.24.02.2024


Kepala Dinas Lingkungan Hidup Nabire, Arfan Natan Palumpun saat diwawancarai, mengatakan, melalui momentum HPSN Tahun 2024 ini, masyarakat dapat lebih sadar lagi dalam menjaga kebersihan lingkungan.



"Warga Kota Nabire yang kami cintai, Terkait Hari Peduli Sampah Nasional, tepatnya hari ini tanggal 21 Februari 2004 merupakan hari Peduli Sampah Nasional. Untuk itu kami dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Nabire menghimbau kepada seluruh warga Kota Nabire yang kami cintai, agar tidak lagi membuang sampah di jalur hijau," 


Selain itu, saat ini pihaknya juga telah menempatkan bak sampah di sembilan kelurahan dalam kota Nabire, dan diharapkan bak sampah ini menjadi tempat pembuangan sampah masyarakat, agar tidak membuang sampah sembarangan.



"Sekali lagi kami mengimbau untuk warga Kota Nabire dimana saja berada untuk tidak lagi membuang sampah di jalur hijau, karena pemerintah Kabupaten nabire bersama Pemerintah Provinsi Papua Tengah dalam hal ini Dinas Lingkungan Hidup sudah menyediakan bak sampah di masing masing kelurahan. Ada 9 kelurahan sudah ditempatkan bak sampah yaitu.

1. Kelurahan Morgo 

TPS Wokimanor Rt 1 / Rw 1

2. Kelurahan Karang Tumariti

TPS Pasar karang 1 Rt../ Rw 3

3. Kelurahan Karang Mulia

TPS V Jembatan Rt 3 / Rw 19

4. Kelurahan Seriwini

TPS SMP V Rt 7 / Rw 2

5. Keluraha Oyehe

TPS Oyehe 1 Rt 7 / Rw 1

6. Kelurahan Kalibobo

TPS Watana Rt 5 / Rw 1

7. Kelurahan Wonorejo

TPS Karang taruna Rt 2 / Rw 1

8. Kelurahan Nabarua

TPS Marga layau Rt 9 / Rw 2

9. Kelurahan Grimulyo

TPS Grimulyo 1 Rt 3 / Rw 1


 Untuk itu kami menghimbau kepada seluruh warga masyarakat Kota Nabire untuk tidak lagi membuang sampah di jalur hijau." Lanjut Arfan.


Arfan Natan Palumpun kembali menambahkan "mari kita jaga kota kita menjadi kota yang bersih, apalagi Ibu Kota Provinsi Papua tengah sedang menjadi contoh. Maka dari itu kita harus jadikan kota Nabire bersih, kemudian untuk jam buang sampah kami himbau jam buang sampah itu yaitu 7:00 malam hingga 4:00 subuh di tempat yang sudah ditentukan. Jadi kami berharap jangan lagi ada sampah di jalur hijau. Kita bantu bahu-membantu wujudkan Nabire bersih, dengan memberi edukasi dan menjadi saluran informasi kepada masyarakat luas demi keindahan Kota Nabire."


Menjaga kebersihan tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah, tetapi juga sebagai komitmen bersama untuk melindungi bumi dari dampak negatif sampah.


Tahun ini, tema HPSN yang diusung adalah Aksi Bersama, Lingkungan Sehat, Tema tersebut sebagai kampanye pentingnya kolaborasi antara pemerintah, masyarakat, dan sektor swasta dalam menghadapi tantangan sampah.


Turut hadir dalam acara HARI PEDULI SAMPAH NASIONAL ( HPSN ) Tontje Ari Imbiri ST. selaku Kabid Tata Lingkungan dan Kajian Dampak Lingukangan, Matius Misi .SE selaku Kepala Bidang Persampahan dan Limbah Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Nabire, Benyamin Douw SE. selaku Kepala Penataan Dan Peningkatan Kapasitas Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Nabire, Anel C.S.Matini SOS. selaku Kabid Pencemaran Dan Kerusakan Lingkungan, dan juga Arfan Natan Palumpu ST, MT. selaku Kepala Dinas Lingkungan Hidup. 


( Icl/Im )