Kepala Biro SDM Polda Sulut Kombes Pol Ari Wahyu Widodo : Mengedepankan Transparansi dalam Penerimaan calon Anggota Polri

 



Suaraindonesia1, Manado - Polri mengajak para pemuda Indonesia untuk bergabung. Kali ini, Polri menyelenggarakan Rekrutmen Terpadu Anggota Polri yang dibuka sejak Selasa 27 Maret 2024.

Dikutip dari akun instagram resmi Divisi Humas Polri @divisihumaspolri, pendaftaran anggota Polri tidak dipungut biaya alias gratis. Pendaftaran kali ini bisa melalui jalur Taruna Akpol, Bintara Polri, SIPSS dan Tamtama Polri. 

Terkait dengan sosialisasi penerimaan calon Polisi di Sulawesi Utara, Kepala Biro SDM Polda Sulut KBP Ari Wahyu Widodo mengatakan pihaknya telah mempersiapkan sesuai regulasi yang diatur Mabes Polri. 

“Oleh Mabes Polri sosialisasi dalam bentuk video sementara ini diputar di jaringan bioskop XXI seluruh Indonesia, dan untuk di Sulawesi Utara sendiri Biro SDM Polda Sulut telah menjalin komunikasi dengan seluruh pemerintah kabupaten/ kota, selain itu ada juga sosialisasi visual melalui videotron di beberapa titik ibukota”, jelas Ari. 

Lewat sosialisasi yang dilakukan, Ari berharap  para putra dan putri terbaik dan berkompetensi di Sulawesi Utara dapat bergabung menjadi anggota Polri. 

“Pastinya saat akan mengikuti tes penerimaan harus sehatsehat dan siap, jangan nanti saat tes baru diketahui ada sakitnya. Jadi dicek dari jauh-jauh hari”, imbau Ari. 

Selain kesehatan, latihan fisik seperti restok, sit up, push up, shuttle run, dan lari 12 menit juga wajib dipersiapkan sejak jauh-jauh hari. 

“Harus latihan tidak boleh tiba-tiba, semua bisa karena biasa dan untuk cara standar latihannya bisa di cari di youtube, semuanya ada”, kata Ari. 

Mengedepankan transparansi dalam penerimaan calon Polri, SDM Polri sudah menggunakan sistem CAT yang mana semuanya dilakukan dengan sistem komputerisasi. 

“Jadi langsung ada nilanya dan ditampilkan, semuanya dilakukan oleh sistem bukan lagi secara manual”, kata Ari. 

Dalam penerimaan kali ini, Biro SDM ikut menggandeng Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Dinas Pendidikan dan stakeholder terkait. 

” Karena yang nanti buat soal nya bukan Polisi, kami bekerjasama dengan dinas pendidikan, termasuk juga Asosiasi PsikologiPsikologi,  selain itu untuk tes kesehatan kami bekerjasama dengan laboratorium yang terakreditasi dan berkompeten dibidangnya “, jelasnya KBP Ari Wahyu. 

Selain itu, ada perlakuan khusus untuk perekrutan calon anggota Polri yang berasal dari daerah perbatasan, pulau terluar, dan daerah pegunungan. 

Adapun syarat-syarat pendaftaran:

1. Warga Negara Indonesia

2. Pendidikan paling rendah SMU/sederajat

3. Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa

4. Setia Kepada NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945

5. Tidak pernah dipidana (bukti melalui SKCK)

6. Berwibawa, jujur, adil, dan berkelakuan tidak tercela

Bagi yang berminat, langkah-langkah pendaftaran adalah sebagai berikut :

1. Kungjungi website https://penerimaan.polri.go.id

2. Pilih Jenis Seleksi

3. Mengisi formulir pendaftaran sesuai dengan identitas diri

4. Memberikan data yang benar dan akurat

5. Mengecek kembali data diri dengan teliti

6. Seteleh mengisi folmulir, pendaftar akan mendapatkan username dan password

7. Login menggunakan password dan usernama

8. Ungggah berkas perdaftaran yang telah disiapkan

9. Unduh dan cetak formulir pendaftaran online yanag digunakan untuk verifikasi data di Polres. (Rom)