BANJIR BANDANG KEMBALI KAGETKAN WARGA PETANI, PULUHAN HEKTAR LAHAN PERTANIAN RUSAK



SBD - SuaraIndonesia1.Com, Sejumlah warga masyarakat petani sawa khususnya didesa Lokokalada wilayah kecamatan Loura SBD tertanggal 18/4/2024 kembali mengeluh adanya banjir Bandang yang muncul dengan tiba-tiba .


Banjir Bandang tersebut yang muncul dengan tiba-tiba akibat intensitas hujan  yang cukup tinggih dihulu sungai menimbun sejumlah sawah warga desa Lokokalada dan warga desa Bondoboghila serta merusak puluhan  hektare lahan pertanian . 


Dengan banjir bandang yang muncul dengan tiba-tiba , sejumlah warga petani sawa turun dilokasi sawa melihat arus banjir yang begitu deras dan cepat hiinggah membawa material lumpur yang menutupi tanaman padi serta tanaman jagung lagi pula masyarakat petani sawa mengeluh serahkan potongan  batang kayu akibat banjir bandang tersebut .


Diketahui banjir bandang adalah banjir besar yang datang dengan tiba-tiba dengan meluap,menggenangi dan mengalir deras menghanyutkan benda-benda besar , Banjir ini terjadi secarah tiba-tiba didaera  permukaan renda akibat hujan yang turun terus menerus .


Banjir bandang terjadi saat penjenuhan air terhadap tanah diwilayah tersebut dan berlangsung dengan sangat cepat hinggah tidak dapat di serap lagi air yang tergenang lalu berkumpul didaera-daera dengan permukaan rendah dan mengalir dengan cepat ke daera yang lebih rendah .


Akibat dari banjir bandang yang melanda lokasi persawahan , segala macam benda-benda yang dilewatinya dikelilingi air dengan tiba-tiba banjir bandang dapat mengakibatkan kerugian besar bagi petani sawa.

Eman Ledu .