EMPAT RUAS JALAN DI SBD YANG LAHIR DARI TUBUH DANA DAK 2024 SUDAH DIKERJAKAN




MASYARAKAT BERSUKACITA ATAS PENANGANAN LONG SEGMEN JALAN DAERA PADA BEBERAPA WILAYAH .


www .SuaraIndonesia1.Com , Kebijakan Pemerintah kabupaten Sumba Barat Daya khususnya dinas terkait PUPR siaga kerjakan paket pekerjaan penanganan long segmen atau  peningkatan infrastruktur ruas jalan ( hotmix ) yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus ( DAK ) tahun 2024 .


Beberapa paket pekerjaan penanganan long segmen konstruksi pembangunan ruas jalan ( hotmik ) yang bersumber dari dana DAK 2024 berdasarkan pantauan media ini bahwa sejumlah masyarakat sudah bersukacita bahwa sudah memastikan betapa pentingnya sebuah perubahan dalam dunia pembangunan terutama infrastruktur .


Salah satu warga masyarakat , Robertus R.Mone yang di wawancara oleh media ini kaitan penanganan long segmen yang bersumber dari DAK 2024 pada beberapa titik terutama pada Long segmen waimangura -- Leteloko lokasi wewewa Barat  menyampaikan bahwa dirinya bersama sejumlah masyarakat lainnya sebagai pengguna jasa jalan merasa bersukacita serta merasa puas dimana menurutnya bahwa jalannya cukup lebar , padat , berkualitas dan mutunya benar-benar bagus serta menunjukan bahwa masyarakat merasa nyaman dalam beraktifitas .

        Masyarakat pengguna jasa jalan


Oleh karena itu kami sebagai masyarakat pengguna jasa jalan hanya mampu berterima kasih kepada pemerinta pusat dan lebih khusus pemerintah SBD serta pihak kontraktor yang sudah dipercayakan didalam pembangunan beberapa jalan daera benar-benar memberikan dampak dan kepuasan kepada kami masyarakat dan dalam masa pemeliharaan nantinya kami sebagai masyarakat akan mengambil bagian merawat jalan yang sudah dibangun dengan biaya yang tidak sedikit , ungkap Robert . 


Wilhelmus Woda Lado sebagai kepala dinas PUPR SBD yang di sambangi media di kediamannya tertanghal 6 april 2024 tentang beberapa Long segmen yang sudah dikerjakan seperti :


1 . jalan dalam kota tambolaka dengan penanganannya adalah bervolume 13,875 kilo meter dengan total dananya 8.831.250.000 dan nilai kontraknya 8. 8.22.649 ribu serta peningkatan 2,435 kilo meter dan pemelirahaan berkala 1,44 kilo meter pemeliharaan rutin 10 kilo meter .


2 . paket pekerjaan penanganan long segmen ruas jalan Tanggaba--Tanggoo bahwa total yang dikerjakan sebanyak 12,5 kilo meter dengan total biaya atau nilai kontraknya sebesar 13,818.319000 ribu yang terdiri dari peningkatan ruas jalan 3,1 kilo meter pemeliharaan berkala 2,2 kilo meter dan pemeliharaan rutin 7,2 kilo meter .


3 . pekerjaan penanganan long segmen ruas jalan waimangura -- Rara-- Leteloko itu bervolume 7,64 kilo meter dengan nilai kontrak 20.557.696,44 ribu yang terdiri dari peningkatan ruas jalan bervolume 6,64 kilo meter dan pemeliharaan berkala 1 kilo meter .


4 .Paket pekerjaan penanganan Long segmen ruas jalan Weekapoda -- Kiku Karabo bervolume 5,2 kilo meter dengan nilai kontrak 10.4.89.229 ribu .


Dari empat ruas jalan yang bersumber dari DAK 2024 masing-masing akan dikerjakan oleh : 


1 .Penanganan ruas jalan Kota Tambolaka dikerjakan oleh CV.Maghu Ate 


2 .Penanganan Tanggaba--Tanggoo di kerjakan oleh CV. Citra Mandiri .


3 .Penangananruas Weemangura--Rara--Leteloko dikerjakan oleh CV.Bumi Permai Nusantara .


4 .Penanganan Long segmen Weekapoda--Kiku Karabo dikerjakan oleh CV.Maghu Ate .


Menurutnya sebagai intansi teknis dengan tercapainya beberapa agenda titik ruas jalan pada beberapa wilayah, dirinya  berharap agar masyarakat bersyukur dan mendukung serta bergandengan tangan membangun , menjaga serta memelihara sehinggah yang sangat diharapkannya adalah MUTU  dan KUALITAS serta asas manfaat  dapat bertahan lama dinikmati secarah puas .


Oleh sebab itu ,  penanganan pembangunan konstruksi jalan DAK 2024 tentunya sebuah pekerjaan infrastruktur jalan yang di bangun oleh DAK haruslah bersandar  KUALITAS dan dari sistim kualitas itulah yang sangat dibutuhkan serta perencanaan ini sudah dari tahun 2021,2022,2023 sudah mendapat evaluasi bahwa terdapat beberapa item itu yang dilewati sehinggah tahun ini  sungguh di perketat pengawasannya khusus dari tenaga teknis untuk hadir setiap hari di lookasi serta saya berharap bahwa apa yang dibangun khususnya jalan agar lebih baik lagi dan kita membawa infrastruktur atau transportasi semakin lama kualitasnya semakin baik .


Oleh karena itu saya berharap masyarakat turut memantau mulai dari pelaksanaanmelakukan pemantauan dan pengawasan , dan juga ada tenaga teknis dari dinas dan merekalah yang lebih tahu tentang KUALITAS dan struktur pelaksanaan dan paling tidak mata awam atau masyarakat ketika melihat bahwa dikerjakan secarah baik , masyarakat merasa puas karena masyarakatlah yang  menggunakan dan melintasi jalan itu serta saya berharap bahwa jalan yang di bangun dengan ling panjang seperti Waimangura--Leteloko dan beberapa segmen lagi kita berharap agar bisa rampung atau selesai di tahun 2025 dan khususnya waimangura--Leteloko baru 60 persen , sebutnya . 


Selain itu , sebagai kadis dia juga bersyukur bahwa kaitan dengan DAK dari pempus dalam hal ini DAK sungguh bermanfaat khususnya jalur transportasi dan memang segmen-segmen pendek yang boleh dikatakan sumber-sumber ekonomi itu belum bisa dibangun dari dana dak dan prioritas DAK saat ini khususnya Ling panjang yang menghubungkan jalan provinsi dan jalan pusat .


Dan juga di tahun ini kita dapat Inpres yang awal ditargetkan 21m kemudian melonjak 80m dan titik akhir mentok 48, ( Lling waimangura--Kahale ) sebutnya . Serta dengan ling 48m akan dilanjutkan ditahun 2025 deng jumlah kilonya sekitar 30 lebih kilo meter dan ling tersebut melewati beberapa kecamatan dan kita bersyukur bahwa dalam hal perencanaan tentunya membutuhkan pola pikir dan bersyukur bahwa tetap kita dapat yang walau kelihatan kecil tetapi yaitu 50m namun manfaatnya sangat luar biasa , serta dirinya berharap agar teman-teman pers dapat mengambil bagian dalam memantau , karena semua infrastruktur yang di bangun tentunya dalam pemeliharaannya mengharapkan pemerintah saja tetapi dalam pemeliharaan itu tentunya ada keterlibatan masyarakat , pungkasnya mengakhiri .........Eman Ledu .