Kapolda Sulut Lepas Rombongan Mudik Gratis Lebaran 1445 H




Suaraindonesia1, Manado - - Polda Sulawesi Utara bersama sejumlah Polres jajaran menggelar mudik gratis dengan tujuan Gorontalo.


Berdasarkan data dari Ditlantas Polda Sulut, jumlah kendaraan bus yang dikerahkan dalam mudik gratis ini sebanyak 20 unit, 6 diantaranya dilepas di Polda Sulut, dengan jumlah total pemudik mencapai 500 orang.



Mudik gratis di Polda Sulut dilepas oleh Kapolda Sulut Irjen Pol Yudhiawan, Jumat (5/4/2024), dihadiri oleh Wakapolda Brigjen Pol Bahagia Dachi, Kepala BPTD XXII Wilayah Sulut, Kepala Bapenda, Kepala Jasa Raharja, Pimpinan Damri, para PJU Polda dan Bhayangkari.


Dijelaskan Kapolda, tujuan mudik gratis ini antara lain memberikan kesempatan bagi masyarakat yang ingin merayakan Lebaran dan untuk meminimalisir angka lakalantas yang mengakibatkan fatalitas korban.



"Pengemudi sepeda motor disarankan ikut mudik gratis, dan juga untuk mengurangi kemacetan lalulintas serta mobilitas angkutan jalan selama arus mudik dan balik lebaran," ujarnya.


Kapolda mengajak seluruh masyarakat untuk sadar akan keselamatan, karena keselamatan lalu lintas adalah kebutuhan bersama.



Dalam momentum perayaan Idul Fitri kali ini, Kapolda juga memberikan beberapa pesan penting terkait kamtibmas kepada seluruh masyarakat.


"Stop menyalakan petasan karena dapat membahayakan diri sendiri dan orang lain, waspadai pencurian kendaraan bermotor, waspadai kejahatan dengan modus penipuan, copet, jambret, pemalakan dan/atau pengacaman pada waktu dan tempat yang rawan, hindari pelanggaran lalu lintas dan taati imbauan petugas di lapangan. Pastikan rumah anda selalu dalam keadaan aman dan terkunci saat ditinggalkan," pesannya.


Kapolda juga mengharapkan peran serta aktif para tokoh masyarakat, tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh pemuda untuk bersama-sama menjaga terpeliharanya situasi kamtibmas yang kondusif selama bulan suci Ramadhan.


Rombongan mudik gratis ini mendapat pengawalan dari Satuan PJR Ditlantas Polda Sulut. Para pemudik juga diberikan bekal dalam perjalanan.


Sehari sebelum pelaksanaan mudik, semua kendaraan yang akan digunakan untuk mudik gratis juga sudah dilakukan pemeriksaan laik jalan, sedangkan seluruh pengemudi juga diperiksa bebas dari narkoba dan bebas dari alkohol. (Rom)