Dalam Penindakan Hukum Kapolres Bitung Tidak Pandang Bulu

Kapolres Bitung AKBP Philemon Ginting, SIK, MH, Camat Aertembaga Drs. Sifri Mandak, M.Si, MAP, Kadis Tata Ruang Stephen Tuwaidan, Kabag Ops Kompol Taufik Abdih, SIK, Kapolsek Aertembaga IPTU Fandi Ba'u SIK

SKRI NEWS Bitung.Dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat diwilayah aertembaga pemerintah kecamatan aertembaga melaksanakan kegiatan pertemuan bersama pembahasan kamtibmas serta Infrastruktur yg menunjang Kamtibmas diwilayah Kecamatan Aertembaga yang bertempat di Aula Kantor Kecamatan Aertembaga Kota Bitung kamis, 15 Desember 2016 pukul 10.30 wita dalam kegiatan pertemuan bersama ini dilakukan dialog interaktif, dalam kegiatan ini dihadiri oleh Kapolres Bitung AKBP Philemon Ginting, SIK, MH, Camat Aertembaga Drs. Sifri Mandak, M.Si, MAP, Kadis Tata Ruang Stephen Tuwaidan, Kabag Ops Kompol Taufik Abdih, SIK, Kapolsek Aertembaga IPTU Fandi Ba'u, SIK, Lurah Se-Kecamatan Aertembaga, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat, Ketua LPTQ Kec. Aertembaga Yasgur Gobel, Ketua Panji Josua Kec. Aertembaga Jemmy Dumais, Kepala Lingkungan dan Rukun Tetangga Se-Kec. Aertembaga serta perwakilan masyarakat aertembaga.
Giat Tanya Jawab dan Pemberian masukan sehubungan dengan menunjang kinerja Kepolisian khususnya Polsek Aertembaga sebagai berikut:
Ketua LPTQ Kec. Aertembaga Yasgur Gobel menyampaikan :
Mengharapkan kepada Pemkot Bitung untuk wilayah Kec. Aertembaga kiranya Penerangan khususnya Lampu Jalan masih minim.
Kiranya Kapolres dapat memberikan Sarana yg memadai kepada Polsek Aertembaga guna menunjang Kinerja dalam hal Pelayanan.
Penindakan Hukum diwilayah Kec. Aertembaga jangan pandang bulu.
Pemberdayaan Poskamling diwilayah Kec. Aertembaga.
Tokoh Masyarakat Kec. Aertembaga Sdri. Margaretha Budiman, SH menyampaikan :
Peningkatan Kriminalitas diwilayah Kec. Aertembaga disebabkan karena Miras.
Kiranya Kapolres Bitung dapat menambah Personil Polri khususnya di Polsek Aertembaga, karena hasil pengamatan Personil yg ada saat ini sangat minim.
Pembina Organisasi Pedagang Pasar Winenet Usdt. Hairuddin Bandu menyampaikan :
Peningkatan Kriminal diwilayah Kec. Aertembaga yang menjadi pemicu yaitu Anak-anak dibawah Umur maka diharapkan peran orang tua perlu ditingkatkan.
Kiranya dilakukan Operasi terhadap pengendara Sepeda Motor yang menggunakan Kanalpot Racing.
Kepala Lingkungan IV Kel. Winenet Satu Kec. Aertembaga Tommy Rumengan menyampaikan :
Kiranya Kapolsek Aertembaga dapat menindak dengan tegas terhadap Pelaku Kejahatan agar supaya mendapat hukum jerah.
Kiranya waktu Ijin Keramaian perlu dievaluasi dimana saat ini Waktu yg diberikan yaitu Pukul 23.00 wita dinilai terlalu larut malam sehingga bisa memicu terjadinya gangguan Kamtibmas.
Ketua Panji Josua Kec. Aertembaga Jemmy Dumais menyampaikan :
Kiranya Pelaku Kejahatan yang telah melakukan perbuatan berulang-ulang kiranya dapat ditindak tegas.
Kiranya Camat dan Kapolsek Aertembaga dapat bekerjasama untuk mengaktifkan Poskamling diwilayah Kec. Aertembaga.
LSM Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) Sani Kakahue sbb :
Kiranya Pemkot Bitung dapat membantu pihak Kepolisian khususnya Polres Bitung sehubungan dengan sarana.
Kiranya Visum Et Repertum dapat di anggarkan dlm APBD dikarenakan saat ini setiap Korban Kejahatan selalu mengeluarkan uang sendiri.
Adapun penjelasan sehubungan dengan pertanyaan dan masukan dari perwakilan peserta Pertemuan sebagai berikut:
Kadis Tata Ruang  Stephen Tuwaidan menjelaskan sbb :
Atas permintaan dari Masyarakat Kec. Aertembaga sehubungan dengan Penerangan khususnya Lampu Jalan maka yang bersangkutan akan menindak lanjuti dengan cara melaporkan kepada Walikota Bitung agar dapat menganggarkan dalam APBD Thn 2017 sehingga pembangunan Lampu Jalan diwilayah Kec. Aertembaga dapat terlaksana.
Kapolres Bitung AKBP. Philemon Ginting, SIK, MH menjelaskan sbb :
Sehubungan dengan kendaraan Roda Empat apabila ada pengadaan kendaraan yang baru maka Polsek Aertembaga akan diprioritaskan.
Sehubungan dengan Pelaku Tindak Pidana yang masih dibawah umur pihak Kepolisian banyak hambatan dikarenakan Undang-Undang yang ada, Maka pihak Kepolisian seringkali hanya melakukan pembinaan dan profailing.

Kapolres Bitung menjamin dalam penindakan Hukum Polres Bitung dan Polsek jajaran tidak akan pandang bulu.
Polres Bitung dan Polsek Jajaran Minggu depan akan melakukan Operasi Khusus terhadap Miras dan Pengendara Sepeda Motor yang menggunakan Kenalpot Racing.
Kapolres Bitung akan menambah kekuatan Personil untuk Polsek Aertembaga.

Kapolres Bitung akan menyampaikan kepada pihak DPRD Kota Bitung agar supaya Pembayaran Visum Et Repertum dapat di anggarkan dlm APBD Kota Bitung.
Kapolsek Aertembaga IPTU. Fandi Ba'u, SIK menyampaikan :

Sehubungan dgn rencana pembangunan Pos Kambling maka di informasikan bahwa salah satu masyarakat Dewi Suawa telah menghibahkan sebidang tanah miliknya yang terletak di Kel. Aertembaga Dua (Pasong Lima) Lingk. V Kec. Aertembaga utk pembangunan Pos Kambling.

Adapun titik-titik Pos Kambling yang akan diperdayakan yaitu Pasong Lima / Kampung Baru Aertembaga Kel. Aertembaga Dua, Lorong Tower / Pangkalan Israel Kel. Aertembaga Satu dan Perempatan Tinombala Kel. Pateten Dua.
Kiranya ada masyarakat Kec. Aertembaga yang berkenan menghibahkan tanahnya untuk pembangunan Poskamling.

Kegiatan ini dikemas dalam bentuk dialog interaktif, sehingga dengan penuh keakraban antara polri dengan masyarakat terbukti banyak masyarakat yang berpartisipasi responsife aktif dan korespondensif dengan petugas, dengan demikian diharapkan kepercayaan masyarakat terhadap polri semakin baik kegiatan     pertemuan dialog interaktif berjalan dengan baik situasi aman dan kondusif.(tzr)