Presiden Jokowi Sampaikan Kuliah Umum Melalui Teleconference Kepada CPNS Angkatan 2017 Kemenkumham Sulut


WWW.SKRINEWS.COM, Manado (27/03) Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Utara _Pondang Tambunan_ bersama seluruh Pejabat Esselon III dan IV dan Kepala UPT Pemasyarakatan dan Keimigrasian serta 150 CPNS  Kemenkumham Sulut dan 4 CPNS Kejaksaan Tinggi Sulut memenuhi Aula Kantor Wilayah Kemenkumham Sulut untuk mengikuti Kegiatan _*Presidential Lecture*_ bagi CPNS melalui _Teleconference_ yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara bekerja sama dengan Kementerian Hukum dan HAM dalam rangka mewujudkan Birokrasi Kelas Dunia Tahun 2024 dengan mengusung Tema _"Bersatu dalam Harmoni menuju Birokrasi Berkelas Dunia"_ yang berpusat di Istora Senayan Jakarta.

Sebagai Ucapan selamat datang disuguhkan Alunan Musik Kolosal dan tarian Rampak Gendang. Kemudian dilanjutkan dengan Laporan Panitia oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara, Reformasi Birokrasi _Asman Abnur._ Dalam Laporannya Beliau menegaskan bahwa Pengarahan dan Pembekalan langsung dari Presiden melalui _Teleconference_ ini sangat berarti bagi CPNS yang akan menjadi motor penggerak Birokrasi dan juga tulang punggung bangsa sebagaimana road map pembangunan ASN menuju terwujudnya Birokrasi Kelas dunia tahun 2024. Pada saat ini Pemerintah juga fokus terhadap Rekrutmen seleksi CPNS untuk memperbaiki kualitas ASN saat ini dan yang akan datang, dan juga pengaruh dari perubahan cepat dalam era industri 4.0.

Kemudian dilanjutkan dengan Kuliah Umum oleh Presiden Republik Indonesia _Joko Widodo_ yang diawali dengan sambutan singkat presiden dengan mengulang apa yang menjadi pesan Menteri PAN saat pembukaan di mana ada sekitar 2.400.000 orang yang mendaftar dan yang diterima sebanyak 33.000, jadi hanya 1.4% yang saat ini lulus dan menjadi CPNS.

Itu artinya saudara adalah pilihan terbaik dan generasi muda terbaik yang akan menjadi birokrat terbaik..
Harapan presiden bagi pemuda terbaik pilihan bangsa agar dapat menjadi motor bagi negara di masa yg akan dtg.
Perubahan teknologi akan memunculkan tantangan baru.

Untuk itu diingat agar pemerintah di tuntut bekerja lebih cepat lebih responsif dan lebih efisien..
Masyarakat saat ini ingin birokrasi yg cepat,  birokrasi tanpa ada penundaan dalam kepengurusan.
Inilah yang menjadi bagian tantangan dari saudara kedepan.

Oleh karena itu sebagai birokrat harus mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan, gagasan2, dinamika dinamika sosisal dn politik.

Presiden juga memberi pesan, kepada seluruh CPNS harus terus penuh dengan rasa keinginan tahuan..
Beliau berkata juga bahwa sebagai CPNS harus KEPO.

KEPO dalam pengertian yang positif, ingin tau dan ingin mengerti hal-hal baru sehingga bisa lebih dapat mengembangkan diri dalam dunia birokrasi.

Jrangan menjadi pribadi dengan rutinitas yang monoton.

Harus KEPO terhadap dinamika jaman, terhadap aspirasi terlebih terhadap keinginan masyarakat.
Sebagai warga negara yg terpilih, CPNS punya tanggung jawab yg besar.

Tangung jawab sosial, tanggung jawab terhadap hukum dan tanggung jawab terhadap ketertiban sosial serta menjunjung tinggi etika dan sopan santun karena kalian adalah sosok yang istimewa dan sebagai sosok pilihan.

Presiden juga menjelaskan harus dapat menjadi pembela Pancasila yg aktif
Birokrat yang dapat membawa lompatan kemajuan bagi kejayaan bangsa Indonesia.

Akhir kata Presiden mengucapkan selamat bekerja, selamat melayani untuk kejayaan Bangsa Indonesia.
Setelah itu kegiatan diisi dengan Permainan Angklung Kolosal oleh seluruh Undangan yang hadir bersama Presiden RI untuk mencetak Rekor Dunia MURI.

( Tzr )