Mempererat Hubungan Antar Umat Beragama, Umat Budha Bagi Takjil dan Bhakti Sosial


SKRINews Batu- Umat Budha Kota Batu memperingati hari Waisak dengan rangkaian Bakti Sosial didalam area Wihara dan  bagi Takjil di  depan Wihara, jl.Protokol Ir. Sukarno Hatta ,Selasa,29 mei 2018.

Acara Bakti Sosial berlangsung pada pukul 9.00 Wib ,berupa donor darah  , terapi dalong (teknik pijat) pengobatan longdifitologi (menyalurkan energi kepada orang yang memiliki masalah kesehatan) , dan pemberian santunan  ke panti asuhan berupa sembako, sedangkan pembagian takjil diberikan menjelang buka puasa ,pukul 17.00 Wib.

Ketua Paniti perayaan Waisak,Kadek Yudi Murdana memaparkan kepada SKRI News Kegiatan tersebut menunjukkan kepedulian kepada saudara pemeluk agam islam yang sedang melaksanakan ibadah puasa,dan juga bertujuan  mempererat hubungan antar ummat beragama.

Untuk Takjil, kami menyiapkan sejumlah 700 bungkus makanan yang  dibagikan oleh umat Budha ,  dibantu anggota Sanggar  Wihara  Desa Mojorejo ,Kecamatan Junrejo ,Kota Batu yang bernama  Viria Cipta Budaya dan beranggotakan lintas agama.

Sehubungan dengan  Peringatan  Hari Raya Waisak di Kota Batu ,Kadek kembali menjelaskan , " dibungkus dalam satu pendalaman selama satu bulan, berupa ceramah dan juga meditasi .

" Puncak acara adalah hari ini, dimulai pukul 18.30 menit , diawali dengan cara melakukan penghormatan mengelilingi Wihara dilanjut puja Bakti , puncaknya pukul 21.30.13 Wib semua umat Budha bersama sama melakukan meditasi.

Tujuannya adalah menghormati Sang Budha Gautama, dan melakukan perenungan 3 peristiwa Agung, ialah saat kelahiran Sang Budha waktu masih dikerajaan, saat pergi meninggalkan kerajaan,bermeditasi sampai menjadi Budha  hingga mendapat  penerangan sempurna ,saat wafat pada bulan Purnama, Ketiganya  berlangsung dibulan yang sama,yaitu  bulan waisak,Kata Kadek yang juga seorang Dosen Sekolah Tinggi.

Sementara itu,  dari Pantuan SKRI News  terlihat banyak anggota Polisi, TNI, Linmas, Ormas yang  berjaga jaga di dalam , juga diluar  Wihara, nampak pula anggota lalu lintas  .

Selanjutnya, diwawancara oleh  SKRI News, Kanit Reskrim Polsek Junrejo yang bertugas sebagai Padal mengatakan,"Moment Waisak adalah peringatan Hari Raya terbesar umat Budha,  untuk mengamankan kegiatan tersebut Polres Batu memback up sepenuhnya,  bekerjasama dengan Babinsa,Babinmas, Linmas dan Intern Wihara,

Pengamanan ini juga bertujuan mengantisipasi adanya kejadian terorisme,

Agar pelaksanaan berjalan lancar dan aman,  Polres Batu  menerjunkan 2 regu ,.pertama dimulai pukul 08.15 wib hingga 15.00 Wib, dan regu ke dua pukul 15.00  wib hingga selesai,ujar Karjito yang menjadi Padal di regu kedua.Yud/Rin