BUDIDAYA SAYURAN HIDROPONIK KODIM 1310/BITUNG, MENDAPAT APRESIASI POSITIF KETUA PERSIT PD XIII/MERDEKA

BITUNG - Skrinews,
Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang LXII Dim 1310 Koorcab Rem 131 PD XIII/Merdeka beserta pengurus Persit melaksanakan panen sayuran Hidroponik bertempat di halaman Kodim 1310/Bitung Kelurahan Madidir Unet Kec. Madidir kota Bitung, (28/9/2018).


Dandim 1310/Bitung Letkol Inf Kusnandar Hidayat, S.Sos. mengatakan, Hidroponik merupakan cara bercocok tanam tanpa menggunakan media tanah, budidaya tanaman ini lebih mengutamakan media air yang telah di campur dengan nutrisi. Dengan tehnik menanam tanaman hidroponik, tidak memerlukan lahan yang luas, dapat memanfaatkan lahan pekarangan atau halaman rumah yang relatih sempit khususnya yang tinggal di perkotaan.
"Pembuatan tanaman hidroponik ini merupakan salah satu kegiatan dengan memanfaatkan lahan yang ada di halaman Makodim 1310/Bitung sekaligus mendukung program kegiatan dalam bidang ketahanan pangan," ungkap Dandim.


Dalam kunjungannya ke Makodim 1310/Bitung, Ketua Persit KCK Daerah XIII/Merdeka Ny. Linda Tiopan Aritonang bersama Ketua Persit KCK Koorcab Rem 131/Santiago Ny. Mita Linarti Robert Giri, beserta pengurus Persit KCK jajaran Kodam XIII/Merdeka yang disambut Ketua Persit KCK Cabang LXII Kodim 1310/Bitung Ny. Novi Kusnandar Hidayat, mengapresiasi usaha bercocok tanam dengan sistim Hidroponik yang dilakukan Kodim 1310/Bitung.
"Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan guna menambah perekonomian dalam rumah tangga, dengan hasil panen sayuran ini, secara otomatis menghemat dapur rumah tangga," puji Ny. Tiopan Aritonang.


Dari hasil yang dipanen ini sebagai contoh kepada seluruh Ibu-Ibu Persit dan berharap bisa juga mempengaruhi masyarakat lainya dalam hal budidaya tanaman sayur dalam hidroponik yang dapat bermanfaat menambah perekonomian keluarga,” tambahnya.

Dalam panen sayuran ini Ibu-Ibu Persit sangat antusias dan merasakan kebahagian bersama hasil dari memanfaatkan lahan pekarangan di sekitar satuan sebagai kebun sehingga lebih produktif. Hasil sayuran hidroponik yang di panen berupa Sawi, Bayam dan Brokoli yang juga dirasakan oleh keluarga besar Kodim 1310/Bitung

Khalid R