PASI INTEL KODIM 1310/BITUNG LETTU CZI SARDI O. MAMONTO, SH HADIRI APEL GELAR PASUKAN OPERASI ZEBRA 2018

BITUNG - Skrinews,
Apel gelar pasukan operasi Kepolisian Zebra Samrat 2018 dalam rangka penegakan Hukum dan meningkatkan kesadaran serta kepatuhan masyarakat dalam berlalu lintas, dilaksanakan di lapangan upacara Mapolres Bitung, Kel. Girian Weru Dua Kec. Girian kota Bitung. Bertindak sebagai pengambil apel Wakapolres Bitung Kompol Sapto dan Komandan apel AKP Jimmy Sambeka, (30/10/2018).


Turut hadir, Dandim 1310/Btg di wakili oleh Pasi Intel Lettu Sardi O. Mamonto, SH, Dansub Pom Bitung Lettu Cpm C. Katuuk, Danyon Marhanlan Bitung diwakili oleh Danton Ki A Letda mar Kamto, para pejabat di lingkungan Mapolres Bitung, Kajari Bitung diwakili oleh Pasi Intel Bpk Nakri K. Lasut, Ketua Pengadilan Negeri Bitung, Kadis Hub Fecky Sangkaeng dan Kasatpol PP diwakili oleh Ibu Vera Kansil.


Amanat Kakorlantas Polri Inspektur Jendral Polisi Refdi Andri M.Si  yang dibacakan oleh Pimpinan apel mengatakan, pelaksanaan Operasi Zebra Tahun 2018 kali ini ada beberapa prioritas pelanggaran yang menjadi sasaran operasi karena berpotensi menyebabkan terjadinya kecelakaan lalu lintas antara lain :
1.  Pengemudi menggunakan handphone.
2 . Pengemudi melawan arus.
3.  Pengemudi sepeda motor berboncengan lebih dari 1.
4.  Pengemudi membawa di bawah umur.
5.  Pengemudi dan penumpang sepeda motor tidak menggunakan helm SNI 6. pengemudi kendaraan bermotor mengkonsumsi minuman keras.
7.  Pengemudi berkendara melebihi batas muatan.


Perlu diketahui bersama bahwa data jumlah kecelakaan lalu lintas pada pelaksanaan Operasi Zebra tahun 2017 yang lalu sebanyak 2097 kejadian. Ini mengalami penurunan sebanyak 883 kejadian atau turun 41%. Apabila dibandingkan dengan periode sebelumnya tahun 2016 sebanyak 2960 kejadian jumlah korban meninggal dunia pada pelaksanaan Operasi Zebra tahun 2017 sebanyak 368 orang, mengalami penurunan sebanyak 61 orang atau turun 67%  dibandingkan dengan sebelumnya tahun 2016 jumlah pelanggaran lalu lintas Operasi Zebra tahun 2017 sebanyak 1.069.561.

Dengan dilakukannya penegakan hukum terhadap sasaran Operasi Zebra ini diharapkan akan dapat mendorong tercapainya tujuan operasi yaitu; meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas; Meminimalisir pelanggaran dan kecelakaan; Menurunnya tingkat fatalitas korban kecelakaan lalin; Meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap Polri; Terwujudnya situasi keamanan dan ketertiban berlalu lintas, ungkapnya.

Pasukan upacara yang hadir, 1 SST Kodim 1310/Btg, 1 SST Yon Marhanlan Btg, 1 SST Polairud, 3 SST Polres Bitung, 1 SST Dinas Perhubungan Btg dan 1 SST Satpol PP Btg.

Jmmy Is