DLH Pemkab Blitar Akan Gelar Aksi Tanam Pohon, Penghijauan di Kecamatan Talun

Blitar skrinews, – Upaya rehabilitasi lingkungan dan lahan melalui gerakan penanaman pohon menjadi fokus Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pemkab Blitar Provinsi Jatim. Rencananya dalam waktu dekat DLH akan melakukan penanaman pohon di Kecamatan Talun.

Kasi Perlindungan dan Pemulihan Kerusakan Lingkungan DLH Pemkab Blitar, Eko Hamanto mengatakan kegiatan ini merupakan implementasi program yang bersumber dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT). Penanaman pohon nantinya akan difokuskan di sepanjang badan jalan sepanjang 15 kilometer.

“Penghijauan ini fokus pada tepi jalan. Sasarannya jalur utama sepanjang Desa Bajang sampai Desa Bendosewu. Lokasi tersebut kita pilih karena memang di titik tersebut penghijauannya masih kurang,” ucap Eko Hamanto di kantornya, Jumat (30/11/2018).

Manfaat penanaman pohon selain untuk penghijauan yaitu untuk mencegah adanya bencana, karena pohon masih menjadi penopang yang sangat baik bagi bumi. Pohon dapat menyimpan air, mencegah tanah longsor, mencegah banjir dan sebagai sumber oksigen.

“Maka dari itu menanam pohon dapat mencegah dari dampak bencana yang lebih besar. Kami berharap warga Kabupaten Blitar bisa semakin sadar menanam pohon. Menanam pohon juga dapat membantu mensukseskan desa/kelurahan berseri,” tukasnya.

Dalam penghijauan nanti DLH akan menanam pohon pule dan tube puya. Dua jenis pohon ini dipilih karena merupakan jenis pohon penyejuk yang cocok ditanam di tepi jalan raya. Rencananya ada sekitar 600 bibit pohon yang ditanam.

“Pohon itu penting untuk ditanam di pinggir jalan karena pohon merupakan penghasil oksigen. Sebagaimana kita ketahui, saat ini banyak pohon-pohon tepi jalan yang ditebangi karena ada proyek pembangunan jalan dan got. Disamping itu pohon juga menjaga keasrian dan keindahan lingkungan,” pungkasnya.

Cristian T