BASMI DEMAM BERDARAH, BABINSA BANTU PETUGAS KESEHATAN LAKUKAN FOGGING 




MINAHASA UTARA - Skrinews,
Babinsa Desa Paniki Atas Koramil 1310-04/Dimembe Serda Josias Ponto membantu petugas kesehatan dari Puskesmas Kecamatan Talawaan melakukan pengasapan (fogging), untuk membasmi dan mencegah nyamuk Demam Berdarah (DBD) bertempat di Perum Rizky Paniki Griya, Desa Paniki Atas Kec. Talawaan Kab. Minut, (29/1/2019).




Saat ditemui Serda Josias Ponto menyampaikan, Babinsa memang harus perduli terhadap lingkungannya dan terus berperan aktif di masyarakat yang salah satunya membantu dinas kesehatan melakukan penyemprotan/fogging dan sosialisasi kepada masyarakat.

"Nyamuk dapat menyebabkan penyakit yang berbahaya bagi manusia, seperti demam berdarah, malaria, chikungunya dan masih banyak lagi jenis penyakit lainnya yang disebabkan oleh nyamuk," tuturnya.




Menurutnya lagi, hal yang paling penting dilakukan guna mencegah cepatnya perkembangbiakan nyamuk adalah melakukan 3M yaitu Menguras, Menutup dan Mengubur. Begitupun Kebersihan lingkungan adalah salah satu faktor utama untuk mencegah perkembangbiakan nyamuk.

"Jagalah kebersihan lingkungan seperti menyingkirkan genangan air, rutin memantau saluran air, selokan/parit, membuang sampah pada tempatnya dan lain-lainya," ucapnya.




Hadir dalam kegiatan tersebut, Camat Talawaan Herman Mengko, M.Si. S.IP, Hukum Tua Desa Paniki Atas Wakari Pua, BA, Babinsa desa Paniki Atas Serda Josias Ponto, Tim Dinas Kesehatan Kab. Minut, Kepala Puskesmas Kec. Talawaan Dr. Sinta Toar, MM, bersama Tim 10 orang, Kepala Jaga desa Paniki Atas dan Maweteng 3 orang.

Imran Saleh