SERBUAN TERITORIAL BABINSA KORAMIL 1310-06/AIRMADIDI DENGAN PEMBUAT BATAKO





MINAHASA UTARA - Skrinews,
Berkomunikasi sosial dengan pekerja pembuatan batako mengenai bagaimana cara pembuatan dan hasil perhari yang dapat, Babinsa Koramil 1310-06/Airmadidi melakukan Komsos dengan pengrajin batako, (30/1/2019).




Babinsa Kel. Sukur Kec. Airmadidi Pelda Denny Djamal dalam mewujudkan kemanunggalan TNI Rakyat, melaksanakan Serbuan Teritorial dengan mendatangi pembuat batako yang merupakan salah satu bahan material sebagai bahan pembuat dinding rumah, selain itu bisa digunakan untuk berbagai jenis bangunan yang lain.




Babinsa menanyakan proses pembuatan batako dan hasil yang diperoleh. Menurut penjelasan salah satu karyawan bahwa  batako dapat digunakan sebagai alternatif pengganti batu bata. Proses pembuatan batako dapat dilakukan dengan dua cara, yakni manual dan bantuan mesin. Kriteria batako yang baik ditandai pada permukaannya yang  rata dan saling tegak lurus serta mempunyai kuat tekan yang tinggi.

"Faktor yang memperngaruhi mutu batako diantaranya adalah air semen, umur batako, kepadatan batako, bentuk dan struktur batuan serta ukuran. Penggunaan batako lebih menguntungkan dibandingkan penggunaan batu bata, dan hasilnya cukup untuk memenuhi kebutuhan keluarga," ucapnya.

Tommy Tanga