Skrinews - Babinsa 07/Kjm Bersama PPL Melaksanakan Pengecekan Lumbung Padi.




Aceh Tamiang- Dalam pendampingan pertanian Koramil 07/Kjm, Kodim 0117/Atam Babinsa Serda Suhariadi melaksanakan kegiatan pendamping bersama PPL Pertanian pengecekan lumbung  padi, guna untuk nampung padi masyarakat di kelompok Saudara Nurhadi, Pok Tani Sejahtera, di Dusun Suka Jadi Blok 5, Desa Suka Makmur Kec. Kejuruan Muda Kab.Aceh Tamiang.
Kamis (31/10/2019)

Serda Suhardi berpesan,"Mari kita kawal program ketahanan pangan ini dengan baik sehingga, bisa menyandang lumbung padi Khususnya di Kabupaten Aceh Tamiang ini mampu berproduksi secara maksimal dalam menunjang stok padi,"

Saudara Nurhadi menjelaskan.
,"Pada mulanya, hasil panen disimpan dalam lumbung. Penataan padi yang tersimpan dalam lumbung juga ada aturannya. Padi-padi yang ada di dalam karung disusun sesuai peruntukannya. Padi yang akan digunakan untuk bibit biasanya ditaruh di bagian depan kanan, di bagian paling belakang untuk tabungan sedangkan sebelah kiri untuk konsumsi. “Penempatan padi itu ada aturannya, sehingga jika akan diambil mereka sudah tahu sesuai kebutuhan,”jelasnya,“Tidak semua padi dalam karung bisa dimakan. Harus ada yang disisakan untuk cadangan, termasuk untuk bibit."Ungkapnya.

Petugas PPL menambahkan," pola penyimpanan padi dalam lumbung itu adalah konsep ketahanan pangan dan pengelolaan masa depan. Dengan benar-benar menjalankan fungsi lumbung sebagai konsep ketahanan pangan. Dengan simpanan pangan yang dimilikinya, mereka telah bersiaga untuk kemungkinan terburuk, seperti gagal panen dan paceklik.
(Edi.s)