Skrinews - Waduk Sungai Harapan Akan Segera Di Lelang


Skrinews.com BATAM-Proses revitalisasi waduk Sungai harapan telah memasuki tahap final, dan pada akhir tahun ini akan segerea di lelang oleh Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

" Binsar "Kepala Kantor Pengelolaan Air dan Limbah Badan Pengusahaan (BP) Batam, mengatkan hal ini  usai melaksanakan rapat koordinasi tertutup terkait ketersediaan air baku dan pembersihan eceng gondok di waduk Duriangkang, di Gedung Marketing Centre Kantor BP Batam, Selasa (29/10/2019).


" Binsa“ juga mengatakan bahwa Proses perizinannya sebagian telah selesai,  . Sekarang sudah masuk proses pelelangan oleh kementrian PUPR dan proyek pengerjaannya akan dilelang akhir tahun ini,” ujar Binsar.


Ia menambahkan revitalisasi waduk-waduk di Batam saat ini adalah program yang penting untuk menjaga daya tampung waduk atas ketersediaan air khususnya pada saat musim kemarau karena waduk-waduk yang ada saat ini kondisinya cukup memprihatinkan, ada yang sudah dipenuhi eceng gondok, kualitas air yang menurun, dan juga volume air yang makin berkurang.


Hal tersebut tentu dapat meresahkan karena waduk merupakan sumber utama penyuplai air bersih masyarakat Batam.


“Kalau kita tidak lakukan revitalisasi, ini tentu sangat mengkhawatirkan terhadap ketersediaan air untuk masyarakat nantinya kita juga akan meminta lahan yang ada di hutan lindung seluas 8 hektar, di sekitar lokasi waduk Sei Harapan untuk penempatan sedimennya,” papar Binsar.


( Mdl )