Skrinews - MASYARAKAT DESA CAPALULU DESAK BUPATI KEPULAUAN SULA PECAT KEPALA DESA.




SkriNews.Com -Kab. Kepulauan Sula, Maluku Utara. Masyarakat Desa Capalulu datangi Bupati Hendrata Thes, mendesak agar segera pecat Kapala Desa (Kades) Capalulu, Kecamatan Mangole Tengah, Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul) “M. Ali Umasangaji” dari jabatannya. Sabtu (30/11/2019).

Dihadapan Bupati Hendrata Thes, perwakilan dari masyarakat Desa Capalulu (Sahrul Ipa) menyampaikan sejumlah dokumen permasalahan diantaranya, dokumen tanda tangan penolakan dari seluruh masyarakat Desa Capalulu, dokumen dari BPD dan dokumen lainnya.

“Saya serahkan dokumen-dokumen sebagai dasar efagar Bupati segera pecat atau memeberhentikan Kades (M. Ali Umasangaji) dari jabatannya. Masalah yang diduga dilakukan Kades adalah, tidak transparansi dalam mengelola anggaran desa dan lain sebagainya”, ucap Sahrul dihadapan Bupati pagi tadi.Saat Media SkriNews konfirmasi lewat telfon seluler.

Sahrul yang didampingi puluhan masyarakat Desa Capalulu, meminta Bupati segera pecat Kades dari jabatannya. Sebab, apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan siapa yang bertanggung jawab, karena masyarakat sudah menolak Kades (Ali Umasangaji) dan mereka mau Bupati segera mengangkat “Careteker” Kades Capalulu dalam waktu dekat, tegas perwakilan masyarakat (Sahrul).

Selain itu, salah seorang perwakilan Ibu-Ibu (Mastia Umasangaji) yang tidak lain adalah keluarga dekat dari Kades Ali Umasangaji. Meminta Bupati segera memberhentikan Kapala Desa dan mengangkat Careteker Kapala Desa. “Saya meminta Pak Bupati segera ganti Kades karena, kantor desa yang saat ini masih palang tidak bisa dibuka kecuali Careteker Kapala Desa yang buka”, pinta Mastia.

Selain itu, Bupati Hendrata Thes dihadapan masyarakat Capalulu menyampaikan, pihaknya bakal memangil inspektorat untuk menanyakan hasil audit penggunaan dana desa 2017-2018. Pihaknya juga meminta masyarakat agar, proses pemecatan dilakukan sesuai prosedur. Dimana, masayarakat harus menyurati ke Camat, bagian Pemerintahan, Dinas Pemberdayaan Masayarakat dan Desa (DPMD) dan Inspektorat, ujar Hendrata.

Sebelumnya, masyarakat Desa Capalulu mendatangi Ketua DPRD (Sinaryo Thes). Diwaktu yang sama, masyarakat juga melakukan pertemuan dengan Komisi I DPRD Kepsul. Kedatangan masayarakat ke Wakil rakyat itu meminta, DPRD keluarkan rekomendasi pemecatan Kades di Bupati Hendrata Thes.

Jurnalis,  Riski Ode