Skrinews - WAKILI DANDIM 1310/BITUNG, DANUNIT INTEL BERSAMA DANRAMIL 1310-01/BITUNG IKUTI ACARA PELANTIKAN PPK KOTA BITUNG




BITUNG - Bertempat di Peoplesight Learning Center (PLC) Kelurahan Bitung Timur Kecamatan Maesa, Kota Bitung, telah dilaksanakan Pelantikan dan Pengambilan Sumpah/Janji Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (PPK) dalam rangka pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sulawesi Utara serta Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Bitung Tahun 2020, yang diselenggarakan oleh Bawaslu Kota Bitung, (30/12/2019).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Asisten I Pemkot Bitung, Bpk Fangky Lady, S.STP, Kapolres Bitung diwakili Kompol Marganda Aritonang, Dandim 1310/Bitung diwakili Danunit Intel Letda Inf Adri Malinti, Danramil 1310-01/Bitung Lettu Inf Jullen T. Kasiaheng, Para perwakilan dari Kapolsek, Ketua Bawaslu Prov. Sulut, Bpk. Mustaring Humagit, S.Hi, Ketua KPU Kota Bitung, Bpk Deslie Sumampouw, Ketua Bawaslu Kota Bitung Ibu Deiby A. Londok, SE, Para Camat se-Kota Bitung, Rohaniawan/Tokoh agama, Tamu dan undangan kurang lebih 50 orang.

Adapun rangkaian kegiatan, ucapan selamat datang (MC), menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, Pembacaan surat keputusan oleh koordinator Sekertaris Bawaslu kota Bitung Bpk Nontje N. Kalengkongan, S.Pd, Pengambilan Sumpah dan Janji Panitia oleh Ketua Bawaslu kota Bitung, Pembacaan Naskah Pelantikan oleh Ketua Bawaslu kota Bitung, Penandatanganan Berita Acara Sumpah dan Janji dan Pembacaan Fakta Integritas oleh anggota Pengawas Pemilihan Kecamatan yang baru dilantik.

Sambutan Banwas RI yang dibacakan oleh Bawaslu kota Bitung, bahwa pengetahuan dan wawasan terkait pemilihan juga keterampilan seseorang Panwas Kecamatan harus menguasai keterampilan dasar seperti kemampuan menggunakan komputer sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.

Memiliki kecepatan yang memenuhi ekspresi sebagai tatanan dan peraturan perundang-undangan tidak saja menjadi harapan Bawaslu dan Bawaslu Provinsi tetapi juga menjadi harapan harapan masyarakat luas sebagai sebuah proses, tentu saja ada yang terpilih dan ada juga yang tidak terpilih. Secara prinsip proses yang dilakukan sesuai dengan ketentuan.

Banwas RI juga mengucapkan terima kasih kepada Ketua dan anggota Bawaslu kabupaten/kota dimana Bawaslu kabupaten/kota melakukan seleksi dengan sistem online dan kelompok kerja Bawaslu kabupaten/kota telah berhasil melaksanakan proses tersebut. 

"Pengalaman tugas pada pemilihan 2019 dapat menjadi modal untuk pelaksanaan tugas pemilihan kedepan," ucap Ibu Deiby A. Londok, SE.

Sambutan Walikota Bitung, yang disampaikan oleh Asisten I Pemkot Bitung, mengatakan, Pemerintah kota menyampaikan selamat melaksanakan tugas, saya melihat orang-orang yang dilantik sama dengan yang pernah bertugas pada pemilihaan sebelumnya, sehingga kami tidak meragukan kapasitas dan kompetensinya.

"Harapan bagi teman-teman dapat melihat lagi aturan-aturan yang baru, karena ketentuan peraturan perundang-undangangan," tuturnya. 

Bawaslu Provinsi Sulut menyampaikan, Panwaslu Kecamatan se-Kota Bitung yang dilantik hari ini, dibacakan pelantikan dan pengambilan sumpah/janji serta pembacaan fakta integritas tadi, bahwa peraturan perundang-undangan pelaksanaan penyelenggaraan yang sudah mulai pada tahapan diakhir tahun 2019 dengan melakukan pengawasan terkait dengan pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota. Dalam pelaksanaan tersebut ada kontestan yang dari Pertahana ada tambahan.

"Yang namanya bahan regulasi harus kita sampaikan kepada seluruh yang ada di Kota Bitung," imbuhnya.

Kegiatan diakhiri dengan Doa oleh Pdt. Frida Maindikoa - Poluan, S.Th, ucapan selamat kepada PPK yang baru dilantik dan Foto bersama.