Skrinews - KARENA HARTA WARISAN, BABINSA AMANKAN PERKELAHIAN WARGA




BITUNG - Skrinews,
Babinsa Koramil 1310-01/Bitung Kodim 1310/Bitung Serda Meidi Lahope mengamankan perkelahian warga di wilayah binaannya di RT 02 Lingkungan 01 Kelurahan Madidir Unet, Kec. Madidir, Kota Bitung, (28/2/2020).

Babinsa Serda Meidi Lahope yang mendapat laporan via Hanphone dari Ketua RT 02 Lingk. 01 bahwa di wilayahnya ada keributan warga sehingga terjadi perkelahian. Babinsa tiba di tempat kejadian langsung melarai pertengkaran antar kedua belah pihak tersebut.

Saat dikonfirmasi, Babinsa Serda Meidi Lahope menjelaskan duduk perkara terjadinya perkelahian, dimana Ibu Rosiana Maliuota (64), Adik Kandung dan Ibu Lenci Maliuota (74), Kakak Kandung mendatangi saudaranya Bpk. Yoptan Maliuota (72), Purnawirawan TNI-AL yang tinggal di rumah mendiang orang tuanya, Alm. Julius Maliuota.

"Maksud dan tujuan kedatangan Ibu Rosiana dan Ibu Lenci kerumaha saudaranya Bpk. Yoptan Maliuota, bahwa mereka akan mendirikan rumah di tanah kosong dekat mendiang orang tuanya, karena menurut Ibu Lenci, tanah dan rumah ini milik kita bersama bukan milik satu anak," kata Serda Meidi.

Mengetahui maksud kedatangan kedua saudaranya tersebut, tiba-tiba Bpk. Yoptan mengamuk dan mengatakan kalau rumah ini sudah jadi milik miliknya.

"Tanah ini sudah dihibahkan orang tua ke saya," katanya sambil memegang Isterinya dan menyuruh berkelahi dengan ade bungsunya Ibu Rosiana sehingga perkelahian pun terjadi.

Dengan memanggil mereka untuk duduk bersama, Babinsa Serda Meidi menyelesaikan masalah ini, tetapi Bpk. Yoptan tidak mau bertemu lagi dengan saudara-saudaranya, sehingga satu persatu Babinsa mendatangi rumah mereka untuk memberikan arahan sekaligus petunjuk bahwa persoalan ini adalah persoalan perdata. Apabila ada yang keberatan, silahkan melapor ke pihak Hukum, mau lapor langsung ke Kepolisian atau ke Pengadilan itu terserah kalian. 

"Kami Babinsa hanya bisa memberikan pembinaan dan membantu kepolisian dalam pengamanan wilayah dan kami tidak mau dengar lagi ada keributan seperti ini kalau ada yang keberatan langsung berurusan dengan pihak yang berwajib," jelas Serda Meidi.