Skrinews - Karena Anak Didaftarkan Ke Panti Asuhan, Babinsa Turun Tangan Mediasi Keributan Pasutri




BITUNG - Adu mulut yang berujung keribuatan antara sepasang suami isteri dikarenakan sang suami membawa anak mereka untuk didaftarkan ke Panti Asuhan Nurul Salam, dimediasi Babinsa Serda Lahope anggota Koramil 1310-01/Bitung, bertempat di Lingkungan 5 Kel. Madidir Unet, Kec. Madidir, Kota Bitung, (26/5/2020).

Babinsa Serda Meidi Lahope menerima informasi via handphone dari Kepala Lingkungan 5 Kel. Madidir Unet, Ibu Rosita Tampil, bahwa di Panti Asuhan Nurul Salam ada keributan antara sepasang suami isteri, dikarenakan sang suami membawa anak mereka untuk didaftarkan ke Panti Asuhan Nurul Salam.

Saat Babinsa Serda Meidi Lahope tiba ditempat kejadian, dan ternyata benar mendapati mereka sementara bertengkar (adu mulut) di dalam Panti Asuhan. Babinsa langsung menegur mereka untuk tidak membuat keributan disini dan ada baiknya kita duduk bersama untuk selesaikan masalah ini.

Hasil mediasi, ternyata kedua suami isteri ini sudah 1 (satu) tahun bercerai dan dalam sidang perceraian, Bapak Rivai (38) suami dari Ibu Silvia Rumengan (32) menang dalam hak asuh kedua anaknya untuk tinggal bersama dan itupun sudah menjadi kesepakatan dengan isteri di pengadilan.

Bpk. Rivai sehari-harinya bekerja di Panti Asuhan Nurul Salam, sekaligus mendaftarkan anaknya masuk menjadi Anak Yatim di Panti Asuhan tersebut. Setelah Ibunya mendengar bahwa anaknya masuk ke Panti Asuhan, maka datanglah Ibu tersebut sambil mengamuk mencari anak-anaknya untuk dibawa pulang kerumahnya yang berada di Kel. Pinokalan Kec. Ranowulu, sehingga terjadilah keributan dengan Bpk. Rivai.

Babinsa pun segera memberikan arahan bahwa kalau bisa Bapak Rivai dan Ibu Silvia Rumengan, selesaikan masalah ini dengan baik-baik tidak usah membuat keributan yang hanya mengganggu ketentraman orang lain dan meresahkan anak-anak yang ada di Panti Asuhan.

"Kalau di antara kalian tidak puas dengan mediasi ini, silahkan melaporkan ke yang berwajib dalam hal ini Pihak Kepolisian," kata Babinsa Serda Meidi Lahope.

Atas himbauan Babinsa, Bapak Rivai dan Ibu Silvia Rumengan menerima dengan baik dan meminta maaf kepada Babinsa dan aparat kelurahan, namun permasalahan ini masih akan dianjutkan Ibu Silvia Rumengan ke Lembaga Perlindungan Anak.

Hadir pada mediasi tersebut, Babinsa Madidir Unet Serda Meidi Lahope, Ketua Panti Asuhan Bpk. Hakim, Kepala Lingk. 5, Ibu Rosita Tampil, Bpk. Rivai Madabie dan Ibu Silvana Rumengan.