POLISI AMANKAN PENYAMPAIAN ASPIRASI MASSA PENDUKUNG PASLON NO URUT 1 PEMILIHAN BUPATI DAN WAKIL BUPATI KABUPATEN YALIMO




Pewarta : Rahman. P


Jayapura – SuaraIndonesia1.com

Pada hari Senin tanggal 19 Juli 2021 Pukul 10.00 WIT bertempat di Tugu Selamat Datang Jalan Trans Elelim - Jayapura Kabupaten Yalimo, telah berlangsung penyampaian Aspirasi dari pendukung massa Paslon No Urut 01 Erdi Dabi S.Sos. dengan massa sekitar 100 orang.


Kronologis kejadian:

Pada hari dan tanggal tersebut diatas Pukul 10.00 WIT, bertempat di Tugu selamat Datang Jalan Trans Elelim - Jayapura telah berkumpul massa pendukung Paslon No Urut 01 Erdi Dabi S.Sos.


Pukul 10.15 WIT, Penyampaian aspirasi yang dibacakan oleh perwakilan dari massa pendukung yakni sdr. Yanius Yare yang mengatakan bahwa tanggal 29 Juni 2021 yang amar putusanya mendiskualifikasi Calon Bupati No Urut 01 Bapak Erdi Dabi S.Sos dan melaksanakan pemilhan suara ulang selama 120 hari, maka kami pendukung No urut 01 menyatakan Menolak putusan MK secara keseluruhan dan MK serta pemerintah pusat harus bertanggung jawab atas kejadian yang terjadi di Kabupaten Yalimo.


Tuntutan masyarakat Kabupaten Yalimo pendukung massa no urut 01 telah menyampaikan aspirasi ke pemerintah dalam hal ini Bapak Kapolda Papua tertanggal 02 Juli 2021 sudah sampai dimana itu kami mau pertanyakan.


Kami melakukan pemalangan Jalan Trans Elelim - Jayapura selama 120 hari dan tidak ada aktifitas pemerintahan dan tahapan Pemilukada. Apabila dipaksakan maka kami siap perang dengan massa tim 02.


Sementara itu, kepada Masyarakat jangan mudah percaya adanya pemberitaan di Media Sosial  atau pemberitaan di Media abal-abal yang menyatakan Yalimo aman dan siap melaksanakan tahapan Pemilukada  PSU itu tidak benar.


Dalam situasi seperti ini jangan mengorbankan masyarakat yang tidak tau apa apa dan kelompok yang tidak bertangung jawab untuk menciptakan konflik horisontal antara kami dengan TNI-Polri dan kami pendukung paslon No Urut 01 dan TNI-Polri akan selalu menjaga keamanan bersama sama.


Pukul 10.45 WIT, pembacaan pernyataan sikap massa No Urut 01 selesai dan massa membubarkan diri kembali ke Posko pemenangan.


Kabid Humas Polda Papua  Kombes Pol Drs. Ahmad Musthofa Kamal SH dalam kesempatannya mengatakan penyampaian Aspirasi massa ini terjadi karena adanya pemberitaan di Media sosial yang menyatakan bahwa Yalimo siap melaksanakan Pemilukada Ulang PSU dimana dalam aspirasi tersebut Massa pendukung No Urut 01 menyatakan bahwa pemberitaan tersebut tidak benar dan pemberitaan melalui Medsos tersebut adalah pemberitaan palsu atau Hoax. Dan untuk saat ini situasi di Kabupaten Yalimo aman dan Kondusif. 



Jayapura, 19 Juli 2021


Dikeluarkan oleh: Subbid Penmas Bid Humas Polda Papua, Alamat Jln. Dr. Sam Ratulangi no. 8 Jayapura, Papua Telp: 0967-52021. Kontak Person: Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol. Drs Ahmad Musthofa Kamal, SH.