Bupati Pohuwato Tinjau Langsung Pekerjaan Jalan di Dua Kecamatan

Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga, saat memantau kondisi pekerjaan jalan (Foto/Hms)


Suaraindonesia1, Pohuwato - Bupati Saipul A. Mbuinga meninjau langsung pekerjaan jalan yang menggunakan anggaran Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) di dua kecamatan, Rabu (15/12/2021).


Peninjauan diawali dari Desa Balayo, Kecamatan Patilanggio dengan panjang pekerjaan dua kilometer hingga Desa Padengo.


Pada peninjauan tersebut, Bupati Saipul menyampaikan bahwa dengan adanya dana PEN di tahun 2021, hal ini dapat mewujudkan impian masyarakat.


"Jalan yang berada didepan Kantor Desa Balayo memang sudah ada hanya saja tidak sampai ke Duhiadaa, sehingga dengan adanya dana PEN dapat mewujudkan impian dari masyarakat dengan dilakukan pinumbunan sampai di ujung jalan bagian utara Desa Padengo," ujar Saipul.


Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga, saat berada dilokasi pekerjaan jalan (Foto/Hms)


Selanjutnya, peninjauan tersebut dilakukan sampai ke Kecamatan Buntulia, yakni pekerjaan jalan sepanjang 3,6 kilo meter yang dimulai dari ujung Dusun Hutino, Desa Taluduyunu, sampai melewati Dusun Haumba, Desa Taluduyunu Utara dan tembus Dusun Mekar Jaya.


Pada saat peninjauan, Bupati Saipul dikejutkan dengan antusias masyarakat dalam menyambut pekerjaan jalan yang puluhan tahun belum tersentuh tersebut. 


Untuk itu, Bupati Pohuwato ini bersyukur dan berharap masyarakat dapat memanfaatkan jalan tersebut dengan baik. 


"Ini yang menjadi harapan masyarakat terutama yang berdomisili di Taluduyunu satu (Mekar Jaya saat ini), tadi juga anak-anak pada ceria semua. Alhamdulillah sekarang kita bisa lihat bersama, semoga masyarakat dapat memanfaatkan jalan ini dengan baik," tuturnya.


"Harapannya tentu dengan sisa pekerjaaan yang masih ada, jadi pelibatan masyarakat dalam rangka pengawasan untuk pekerjaan jalan ini" harap Saipul.


Kabid Bina Marga, Ir. Risdiyanto Mokodompit saat mendampingi Bupati Pohuwato saat mengecek kondisi jalan


Disela itu, Kabid Bina Marga, Ir. Risdiyanto Mokodompit menyampaikan bahwa jalan dari Desa Balayo sampai Desa Padengo dengan panjang 2 kilo meter telah menelan anggaran Rp.5,7 Milyar dan untuk Dusun mekar Jaya sampai ujung Dusun Hutino panjang jalan sekitar 3,6 kilometer, serta dari ujung bongo jalan lurus tembus lahan pertanian sekitar 600 meter, sehingga total keseluruhan pekerjaan PEN jalan yang ada di Marisa sampai Mekar Jaya 4,2 kilometer. 


Terkait batas penggunaan anggaran PEN yang sampai pada bulan Maret tahun 2022, Risdiyanto mengatakan bahwa hal tersebut tidak masalah jika dikerjakan secara terus-menerus. 


"Ya, tapi itu tidak apa-apa, dikerjakan terus tidak masalah, walaupun volumenya sampai 40 atau 60 persen tapi yang dibayar hanya 40 persen, nanti Januari tahun depan dilanjutkan lagi, karena keuangan yang tersedia cuma sampai 40 persen," tandasnya. 



TFK