Hadiri Sidang Adat Tingkat Kabupaten Pohuwato, Ini Harapan Bupati Saipul

Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga, saat menghadiri sidang adat tingkat Kabupaten Pohuwato (Foto/Hms)



Suaraindonesia1, Pohuwato - BupatiSaipul A. Mbuinga, menghadiri pelaksanaan sidang adat dalam rangka mengisi kekosongan pengurus lembaga adat yang ada di Kabupaten Pohuwato, Selasa (28/12/2021).


Sidang adat tingkat Kabupaten Pohuwato ini juga dihadiri oleh Wakil Bupati, Suharsi Igirisa, Sekda Iskandar Datau, Forkopimda, serta perangkat adat se kabupaten.


Kegiatan yang berlangsung di rumah adat itu diawali dengan pengukuhan pemangku adat Pohuwato oleh Bate Lo Hulontalo, dan Baate Lo Limutu Loo Loopo to Boalemo.


Adapun pemangku adat Pohuwato yakni Asmat N. Tuna menjadi Bate loo Loopo to Pohuwato menggantikan Bani Imran Kaluku, kemudian Rahman Pakili, Wuu, Drs. Syaiful Ali Sabu, Kadhi, Wisno Pakaya, S.Pd, Hakimu, Kisman Mooduto, S.Pd Tolomato lo Pohutu, Asram Husuna, Imam Besar Masjid Agung, Armin Lakoro, Imam Distrik Duhiadaa dan Idrus Dama, Imam Distrik Taluduyunu.  


Prosesi sidang adat tingkat Kabupaten Pohuwato (Foto/Hms)


Bupati Saipul Mbuinga menjelaskan, setiap pemimpin yang terpilih, baik pemimpin pemerintahan, pemangku adat, pemimpin lembaga keagamaan sebelum memangku jabtannya diawali dengan pengukuhan secara adat yang disertai dengan prosesi tahuli atau petuah leluhur yang berisi nasihat. 


"Pemda akan terus memperhatikan dan mengambil peranan penuh terhadap upaya pelestarian adat istiadat, baik adat istiadat etnis Gorontalo maupun etnis dan suku bangsa lainnya yang mendiami dan menjadi keluarga besar masyarakat Kabupaten Pohuwato," jelasnya.


Penyerahan piagam penghargaan kepada Baate Lo Pohuwato, Bani Imran Kaluku oleh Bupati Saipul A. Mbuinga (Foto/Hms)


Selanjutnya kepada yang dikukuhkan, Bupati Saipul berharap agar apa yang menjadi tanggungjawab dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.


"Selamat menjalankan tugas dan pengabdian dengan penuh tanggungjawab serta dedikasi yang tinggi kepada daerah dan masyarakat," harapnya.


"Kepada pemangku jabatan sebelumnya yang telah selesai melaksanakan tugas diucapkan terima kasih atas segala dedikasi dan pengabdiannya, semoga beroleh nilai pahala dari Allah SWT," pungkas Saipul.


Dalam kesempatan ini, Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga juga menyerahkan piagam penghargaan kepada mantan Bate Lo Hulontalo Loo Loopo to Pohuwato, Bani Imran Kaluku.



Abd.