Bupati Keerom dampingi Kakorbinmas Baharkam Polri kunjungi lahan Labolatorium Perkebunan Jagung di Arso Timur




Pewarta : Rahman.P


Keerom - Suaraindonesia1.com

Bupati Keerom Piter Gusbager, S.Hut., MUP dampingi Kakorbinmas Polri Irjen Pol Suwondo Nainggolan, S.I.K,. MH bersama rombongan kunjungi lahan Perkebunan Jagung di Distrik Arso Timur Kabupaten Keerom. Jumat 25/02.


Sebelum melihat langsung lahan perkebunan Jagung Bupati Keerom Piter Gusbager, S.Hut., MUP, menerima langsung Kakorbinmas bersama rombongan diruang rapatnya. Dalam pertemuan tersebut Kakorbinmas menyampaikan keterampilan dan kesejahteraan masyarakat khususnya di Papua menjadi atensi pimpinan Polri, baik dalam pertanian maupun peternakan. 



Harapan pimpinan dimana kita harus membantu warga dalam penjualan hasil perkebunan jagung, jangan sampai kita sudah menanam bibit tumbuh dan kita tidak tahu hasil nya akan kita jual atau digunakan kemana.


Kita harus mengatahui hasil ini akan dikemanakan karena kita tahu sendiri saat ini tengkulak membeli hasil pertanian tidak sesuai dengan harga yang telah ditetapkan oleh Pemerintah, itu merupakan tanggungjawab kita. Kita harus pastikan bahwa hasil yang dijual tersebut sesuai dengan harga yang telah dikeluarkan oleh Pemerintah, sehingga para petani kita dapat menikmati sesuai jerih payah mereka dan terus dapat bertani sesuai yang kita harapkan.


Diharapkan juga dalam Oprasi Rastra Samara Kasih Cartenz dalam program Binmas Noken nantinya pada pelatihan pertanian jagung diharapkan tidak imaginer tetapi harus turun langsung ke lapangan karena lebih efektif dalam pengawasan sehingga kita bisa melihat langsung perkembangan yang akan dihasilkan nantinya.


Area 200 hektar akan dijadikan laboratorium pusat pelatihan untuk peningkatan keterampilan para petani jagung sehingga bukan hanya kuantitas tapi kualitas pun dapat terpenuhi. Diharapkan apa yang didapatkan dalam latihan nantinya para petani yang mendapatkan ilmu baru dapat menjadi mentor bagi para petani lainnya sehingga program ini akan terus berjalan demi kemakmuran para petani di Kabupaten ini.


Penyampaian Bupati, terima kasih atas kunjungan bapak Kakorbinmas bersama rombongan ke Kabupaten Keerom,

Kami mau menyampaikan bahwa program Pemerintah Kabupaten Keerom yakni menyiapkan lahan seluas 30 ribu hektar untuk lahan pertanian dan lahan tersebut berada di beberapa titik di Kabupaten Keerom, dimana pada tahun ini kami akan menyiapkan 200 hektar untuk lahan perkebunan jagung. Selain itu, program kami juga akan mengirimkan beberapa perwakilan yakni sebanyak 15 orang untuk belajar tentang pertanian di Provinsi Gorontalo, dengan harapan setelah mereka belajar mereka akan kembali untuk memberikan ilmu tersebut kepada para petani lainnya. Program kami kedepan yakni akan membuat Kabupaten Keerom sebagai Kabupaten yang akan memproduksi bahan pangan terbesar di Papua seperti Kabupaten Merauke. 


Kualitas lahan di Kabupaten Keerom sudah tidak diragukan lagi, dimana pernah dikaji oleh Pemerintah bahwa lahan kita sangat subur. Land Clearing harus kita dukung karena akan memakan biaya yang lebih, dikarenakan lahan ini merupakan lahan hutan sekunder dan investor pakan akan mendukung Kabupaten Keerom dalam program yang akan kita lakukan nanti.


Kami juga mau menyampaikan bahwa lahan yang akan dipakai untuk penanaman jagung adalah merupakan ex lahan perkebunan Kelapa Sawit milik PT. Pen II. Kami juga berencana akan memakai petani ex plasama untuk dilatihkan pada pertanian jagung. Kehadiran atau program kepolisian yakni Operasi Damai Cartenz akan selaras denhan Program Pemerintah Keeron termasuk tol laut dan jalur distribusi.


Selanjutnya Kakorbinmas bersama rombongan didampingi Kapolres Keerom dan Bupati mengunjungi lahan pertanian yakni lahan perkebunan jagung, dalam kesempatan tersebut, Bupati mengatakan kami pemerintah daerah akan mendukung terkait program Binmas polri  yakni perkebunan jagung.


Kami akan menyiapkan 20 hektar lahan di Pir V Arso Timur yang akan di gunakan sebagai perkebunan jagung. Terkait lahan 20 hektar yang akan digunakan kami akan mengumpulkan masyarakat yang mempunyai hak ulayat untuk berdialog pada hari Rabu tanggal 2 Maret 2022 untuk membahas terkait lahan tersebut, sehingga kedepan tidak ada permasalahan terkait kepemilikan lahan, itu harapan kami.


Kakorbinmas menyampaikan, saya mengucapkan terima kasih kepada Bupati Keerom, saya harapkan bapak Bupati bisa menyiapkan lahan yang akan digunakan sebagai perkebunan jagung.


Terkait rencana program kami dari Binmas Polri yaitu 200 hektar untuk perkebunan jagung, namun kami sangat berterima kasih bapak Bupati dimana untuk tahun ini telah menyiapkan 20 hektar lahan, semoga program ini dapat berjalan dengan baik sesuai dengan harapan kita bersama.


Adapun tujuan program ini yaitu guna mensejahterakan masyarakat papua melalui program perkebunan jagung, dan dalam program ini juga kami menyiapkan pelatihan bagi para petani dengan harapan dapat mengembangkan usahanya di bidang peternakan ataupun perkebunan jagung serta bidang usaha lainnya.


Kakorbinmas berbincang dengan warga yakni bapak Bonifasius Number yang mana Kakorbinmas menyampaikan bahwa Program Binmas Noken Polri yang akan kita laksanakan ini untuk mensejahterakan warga yang ada di Kabupaten Keerom Khususnya di Distrik Arso Timur.


Dimana sebelum kita melakukan Program ini, kita terlebih dulu akan melakukan pelatihan kepada anggota Binmas, selanjutnya para anggota tersebut akan mendampingi para petani dalam mengelola lahan pertanian miliknya.