Wakapolda Papua Hadiri Pembukaan Pemantapan Nilai-Nilai Bagi Komponen Bangsa di Provinsi Papua Tahun 2022

 





Redaksi:Rahman.Permata


Jayapura – Wakil Kepolisian Daerah Papua Brigjen Pol. Ramdani Hidayat, S.H. menghadiri pembukaan pemantapan nilai-nilai bagi komponen Bangsa (ASN, TNI, Polri, BUMN/BUMD, DPR Papua, MRP dan Tokoh Adat) di provinsi Papua Tahun 2022, Rabu (10/8).


Hadir dalam kegiatan tersebut Wakapolda Papua Brigjen Pol. Ramdani Hidayat, S.H., Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional Andi Widjajanto, Sekda Provinsi Papua Dr. Ridwan Rumasukun, S.E. M.M, Staf Ahli Pangdam XVII/Cenderawasih Kolonel Sapta Budhy, Wakil Kajati Papua, Erwin Purba, S.H., Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua, Dr. Robby Kayame, Wakil Ketua Pengadilan Tinggi, Agung Putranto, Kepala UPTD, Sonya Monim dan Kapolresta Jayapura Kota, Kombes Pol Dr. Victor Dean Mackbon, S.H., S.I.K., M.H., M.Si., serta diikuti kurang lebih 150 peserta.


Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional, Andi Widjajanto dalam sambutannya mengatakan bahwa gagasan Geopolitik terus berkembang mengikuti perkembangan teknologi dan konteks historis meskipun demikian terdapat empat karakter umum.


“Geopolitik yang pertama studi Geopolitik cenderung menawarkan strategi ekspansionis yang kedua strategi ekspansionis diarahkan untuk menguasai sumber daya di ranah Geografi tertentu yang ketiga strategi ekspansionis mengarah kepada ambisi menjadi negara dan yang terakhir strategi ekspansionis cenderung diwarnai dengan pertarungan kekuatan yang bisa ber ekskalasi menjadi perang terbuka antar negara,” ucap Andi Widjajanto.


Lanjut, Andi Widjajanto menambahkan terkait inflasi IMF memprediksi laju peningkatan global akan menurun pada tahun 2024 agar proyeksi ini terealisasi di jangka waktu pendek atau menengah Indonesia harus mengantisipasi potensi krisis.


“Pada tahun 2022 laju inflasi bulanan Indonesia meningkat cukup signifikan sejalan dengan itu gubernur bank Indonesia memprediksi inflasi tahun ini akan lewat dari 4,3%,” ungkapnya.


Dikesempatan yang sama, Sekda Provinsi Papua Dr. Ridwan Rumasukun, SE., MM., menyampaikan bahwa kita sedang mengalami krisis kebangsaan dan dapat memicu konflik horisontal dan vertikal serta jika tidak dapat segera diatasi maka akan menjadi masalah yang besar.


“Kegiatan ini penting karena sangat dibutuhkan ketahanan Nasional yang kuat sehingga dapat terselenggaranya keamanan untuk mengakutualisasi keberlangsungan hidup,” tutup Sekda Provinsi Papua.



Jayapura, 10 Agustus 2022


Dikeluarkan oleh: Subbid Penmas Bid Humas Polda Papua