Polisi Amankan Aksi Demo Damai di Kantor Distrik Teluk Kimi dan Balai Kampung Samabusa, Nabire






Redaksi:Rahman.P



Nabire – Kepolisian Resor Nabire lakukan pengamanan pada aksi demo damai yang dilakukan oleh masyarakat kampung Samabusa di Kantor Distrik Teluk Kimi dan Balai Kampung Samabusa pada Senin (26/9) sekira pukul 12.03 WIT.


Dalam aksi tersebut massa menyuarakan haknya terkait dengan pemilihan kepala kampung Distrik Teluk Kimi yang diikuti oleh warga masyarakat sebanyak kurang lebih 50 orang.


Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Drs. Ahmad Musthofa Kamal, S.H saat dikonfirmasi di media center Bid Humas Polda Papua membenarkan pengamanan aksi demo tersebut.


“Massa yang melakukan aksi tersebut dilatarbelakangi oleh perbedaan pendapat antara masyarakat adat Wate yang sebagian tidak terima Kepala Kampung ditunjuk oleh Bupati dan meminta dilakukan pemilihan secara langsung, namun aksi tersebut diawali dengan provokasi sehingga memicu reaksi masyarakat Dani yang ada di Kampung Samabusa,” ucapnya.


Lebih lanjut Kabid Humas menegatakan dalam pelaksanaan demo damai tersebut sempat diwarnai dengan pemalangan kantor Distrik Teluk Kimi dan Balai Kampunng Samabusa.


“Pemalangan Kantor Distrik Teluk Kimi dan Balai Kampung Samabusa oleh masyarakat rencannya akan dibuka oleh masyarakat Samabusa apabila Bupati telah menjawab aspirasi masyarakat Samabusa dalam pemekaran Kampung Pisah dari Kampung Samabusa,” jelas Kombes Pol Kamal.


Untuk itu Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Kamal mengimbau kepada seluruh masyarakat Kampung Samabusa untuk tetap menjaga situasi Kamtibmas dalam menyampaikan aspirasinya.


“Hal tersebut dimaksud apabila warga masyarakat dapat menjaga situasi Kamtibmas dilingkungan masing-masing roda perekonomian dan pemerintahan dapat berjalan dengan baik serta lancer,” tandas Kombes Pol Kamal.(aldi)