Workshop Komoditi Perikanan Sail Teluk Cenderawasih Kabupaten Waropen.



Waropen-Suaraindonesia1.com. Pemerintah Kabupaten Waropen menggelar Workshop Komoditi Perikanan di tengah Event Sail Teluk Cenderawasih yang berlangsung di Kabupaten Waropen Provinsi Papua. Sabtu, (29/04/2023).


Beberapa workshop antara lain workshop perikanan yang berlangsung di gedung Klasis Waropen. Dalam workshop kali ini beberapa narasumber antara lain, dari Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Papua turut ambil bagian serta mempresentasikan komoditi perikanan di provinsi Papua secara khusus di waropen.



Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Papua, Iman Djuniawal menjelaskan bahwa melalui Sail teluk Cenderawasih ini adalah Langkah awal mempromosikan diri bahwa setiap wilayah pesisir di Papua memiliki komoditas sendiri sendiri. Dirinya juga menjelaskan bahwa Kabupaten Waropen termasuk dalam  salah satu dari 130 Kabupaten di Indonesia yang ditetapkan sebagai kampung perikanan Budidaya untuk komoditas Kepiting dalam keputusan menteri Kelautan dan Perikanan no 16 tahun 2022.


Sementara itu ditambah oleh paidar narasumber yang berasal dari balai perikanan budidaya takalar yaitu fokus teknis khusus payau  membahas tentang Kebijakan pembangunan sektor budidaya Kepiting. Penyelenggaraan Sail ini tak terlepas dari tujuan percepatan pembangunan ekonomi dan kemajuan di wilayah teluk cenderawasih.



Wakil Bupati Waropen Lamek Maniagasi, SE, mengatakan kegiatan Workshop Sail Teluk Cenderawasih (STC) untuk memberikan pemahaman dan sekaligus ruang diskusi terhadap penguatan produk-produk unggulan yang ditampilkan pada kegiatan Sail Teluk Cenderawasih (STC) di kabupaten Waropen.


Yang dilaksanakan terfokus kepada satu komuniti yaitu Kepiting, dengan adanya Workshop dapat memotivasi masyarakat bisa tampil sendiri dalam kehidupan sehari-hari untuk meningkatkan ekonomi keluarganya. 


"Tujuan kegiatan hari ini agar masyarakat bisa tampil sendiri dalam kehidupan sehari-hari untuk meningkatkan ekonomi keluarganya dari sumber pendapatan yaitu kepiting". Ucap Wakil Bupati Waropen Lamek Maniagasi kepada wartawan.


Meningkatkan kehidupan masyarakat untuk lebih baik hal itu sangat membutuhkan dukungan semua terutama semua stakeholder dari pemerintah daerah waropen, dengan adanya dukungan dari setiap stakeholder kehidupan masyarakat kita akan lebih baik. 

Jurnalis: Mochtar