Sail Teluk Cendrawasih Di Waropen, UMKM Meraup Keuntungan.



Waropen-Suaraindonesia1.com. Sail Teluk Cenderawasih (STC) Kabupaten Waropen yang telah dilaksanakan, puluhan pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) meraup keuntungan yang signifikan selama kegiatan Sail Teluk Cenderawasih (STC) berlangsung di Kabupaten Waropen.


Mama Alfonsina salah satu pelaku UMKM yang selama ini berjualan jajanan, minuman dan pinang di pasar Urfas sangat merasakan peningkatan keuntungan yang diperoleh setelah dia berjualan di area kegiatan Sail Teluk Cenderawasih (STC).


Mama Alfonsina rela mengangkat Mejanya ke Area Sail Teluk Cenderawasih (STC) agar bisa memanfaatkan peluang untuk berjualan selama kegiatan Sail Teluk Cenderawasih (STC) berlangsung.


“Selama adanya STC ini, pendapatan kami setiap harinya meningkat. Pendapatan selama jualan di areal STC lebih besar dibandingkan pendapatan setiap harinya saat kami jualan di luar” Terang Mama’ Alfonsina kepada wartawan, senin, (1/05/2023).



Hal senada disampaikan oleh pelaku UMKM lainnya, Mas Arif bersama Istrinya selama berjualan mainan anak-anak di lokasi tersebut, jualannya laris terjual habis, biasanya perhari pendapatan yang didapat sebesar 300.000 (tiga ratus ribu rupiah) dengan adanya STC perhari pendapatan yang didapat sebesar 2.000.000 (dua  juta rupiah) selama 3 (tiga) hari kegiatan STC penghasilan totalnya yang didapat sebesar 6.000.000 (enam juta rupiah)


“Kalau kami menjual di luar kadang tidak ada pembeli dalam sehari. Di tempat STC sini bagus, banyak pembeli” Kata MAS Arif.


Dari pantauan media di lapangan, sekitar 80 pelaku UMKM berjualan di area Sail Teluk Cenderawasih (STC) Waropen. Bahkan beberapa warung makan (WM) di sepanjang Jalan juga mengalami peningkatan pendapatan selama Sail Teluk Cenderawasih (STC) di laksanakan di Kabupaten Waropen.


“Alhamdulillah sudah ada beberapa tamu STC yang datangnya dari luar Waropen yang mampir di warung kami makan bersama” Ungkap Hendra.


Jurnalis: Mochtar