ANITA YAKOBA GAH, AWASI SERTA KONTROL PERCEPATAN PENCAIRAN PIP Tahun 2023 Bersama Bank Penyalur








Tambolaka,Suaraindonesia1. Dalam rangkah Percepatan pencairan program indonesia pintar serta pelaksanaan pelayanan sektor pendidikan  bagi para siswa/i miskin


sebagai penerima manfaat PIP dimana untuk membantu membiayai kebutuhan dalam dunia pendidikan , tertanggal 27 juli 2023 Anita Yakoba Gah sebagai anggota DPR RI  Komisi X.


fraksi Demokrat kembali hadir di daratan Pulau Sumba khususnya Sumba Barat Daya dalam rangkah melakukan Sosialisasi dan mendorong perbankan serta para kepsek melakukan percepatan pencairan Dana PIP 2023,⁸ serta melakukan pelayanan kepada para siswa penerima manfaat PIP .



Gelar Sosialisasi tentang percepatan pencairan Dana PIP 2023 yang berlangsung di aula SMAK St. Alfonsus weetabula di hadiri langsung oleh Stefanus F.Lendu,S.pd sebagai kepala sekolah SMAK St.Alfonsus weetobula .


Selanjutnya kepala sekolah dalam sambutannya menyampaikan bahwa dari seluruh beasiswa aspirasi mulai dari Sekolah Dasar hinggah SMA , bahwa dengan kehadiran ibu Anita Yakoba Gah merupakan sebuah penghargaan besar telah memilih tempat ini ( aula SMAK ) dalam melangsungkan kegiatan Sosialisasi percepatan pencairan Dana PIP .



Menurutnya,dengan adanya Sosialisasi tersebut , kepala sekolah menjelaskan pula tentang SMAK yang didirikan pada 1 Agustus 1991 yang sedikit waktu lagi tepatnya pada 1 agustus 2023 akan melaksanakan HUT yang ke-32 . 


Selain itu , kasek menyampaikan bahwa jumlah siswa pada lembaga SMAK sebanyak 628 siswa/i yang terdiri dari 21 Rombel dan berterimakasih pula bahwa siswa/i SMAK yang mendapat bantuan beasiswa aspirasi sebanyak 181 orang serta mengeluhkan sekitar 400 lebih siswa yang belum mendapat PIP juga menyampaikan bahwa rata-rata anak yang sekolah pada lembaga SMAK dari keluarga ekonomi rendah ( 70 % orang tua petani ) sehingga kami sangat membutuhkan sentuhan kasih melalui bantuan beasiswa aspirasi untuk anak-anak bangsa , ungkapnya .


Kasek menambahkan bahwa kaitan PIP  sesuai yang diketahuinya sebagai kasek maupun rekan gurunya menyampaikan yakni ada 2 jalur diantaranya : 

1 . Jalur Dapodik .

2 . Jalur Aspirasi dimana diperjuangkan oleh ibu Anita Yakoba Gah melalui Komisi X yang tentunya butuh proses  serta sudah 1600 lebih siswa yang mendapat beasiswa aspirasi , jelas dalam.Sambutannya .


Dalam sambutannya , Anita Yakoba Gah menyampaikan bahwa Program Indonesia Pintar atau PIP merupakan bantuan uang Tunai dalam perluasan dan kesempatan belajar dari pemerintah  . Sementara itu juga dengan kehadiran anggota DPR RI Komisi 10 di Sumba Barat Daya tepatnya tertanggal 27 juli 2023 bertempat di aula SMA St.Alfonsus weetobula adalah dalam rangkah melakukan pengawasan dan pengontrolan sebagai Legislatif tingkat pusat serta memberikan penjelasan teknis tata carah penerimaan dana bantuan dalam rangkah peningkatan pemanfaatan berdasarkan peraturan direk jenderal pendidikan dasar dan menengah no 1881/D/BP/2019 tentang petunjuk pelaksana PIP  terhadap sejumlah orang tua para peserta didik sebagai penerima manfaat PIP .


Anita mengatakan bahwa PIP merupakan beasiswa yang diberikan kepada para siswa yang tidak mampu atau kategori miskin baik yang menempuh pendidikan di sekolah formal maupun Nonformal dan Program Indonesia Pintar merupakan program prioritas pemerintah pusat yang diprogramkan Dalam pemerintahan Jokowi-JK sejak 2014 hingga saat ini yang akan diberikan kepada siswa miskin , serta Anita menyampaikan bahwa dirinya sangat prihatin jika dana PIP dikembalikan ke kas Negara sementara masyarakat pada dunia pendidikan sangat membutuhkan bantuan tersebut , sehingga Anita Yakoba Gah dalam sosialisasi yang berlangsung di aula SMA St.Afonsus weetobula menegaskan bahwa kehadirannya adalah untuk mendorong pihak Bank serta para kepsek masing-masing sekolah yang kebahagian dana PIP agar percepat pencairan Dana PIP dan juga kaitan informasi yang dihimpunnya tentang berbagai kendala pencairan yang dapat menyulitkan pihak penerima manfaat agar dihilangkan , ujarnya .


Lebih lanjut Anita mengatakan bahwa pihak sekolah dalam hal ini Kasek harus mengumpulkan dan memberikan data yang akurat sehingga penerima manfaat PIP tepat sasaran . 


Mengakhiri sambutan Anita mengharapkan kepada para kepsek agar dapat memahami regulasi tentang PIP sehingga terhindar dari jeratan hukum., Eman Ledu  Dan tibo.