Bumdes Desa Popaya Diresmikan Bupati Pohuwato


Suaraidonesia1, Pohuwato - Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga meremaikan sebuah usaha milik BumDes Desa Popaya Kecamatan Dengilo, Senin (24/07/2023).

Usaha milik BumDes Popaya yang bernama Olami Mart ini diresmikan dengan acara pengguntingan pita oleh Bupati Saipul yang didampingi Camat Dengilo, Nakir Ismail, Kabag Prokopim Setda Pohuwato, Usman H. Bay, Sekretaris Dinas PMD, Ibrahim Hanapi, Ketua Bumdes sekaligus Direktur Olami Mart, Wahidin Pangeran.   

Dalam kesempatan tersebut Bupati Saipul menyampaikan kehadiran ritel milik Bumdes Popaya ini sangat diapresiasi, karena bisa membangun satu usaha yang dimana ritel seperti ini belum ada di Desa Popaya.

"Meski diketahui bahwa di Kecamatan Dengilo khususnya tidak ada ritel-ritel besar seperti Indomaret dan Alfamart, sehingga ini adalah kesempatan bagi Bumdes dalam menggerakkan usahanya," ujar Saipul.

Menurut Saipul, apa yang dilakukan oleh Bumdes Popaya sangatlah baik, ini adalah kesempatan bagi Bumdes itu sendiri untuk bergerak pada usahanya masing-masing seperti yang dilakukan oleh Bumdes Popaya.

"Tidak ada kata terlambat bagi Bumdes Popaya, ini adalah sebuah apresiasi dari kami pemerintah daerah kepada Bumdes Popaya yang berdiri kompetitif dalam usaha ini," kata Saipul. 

Selanjutnya, dengan berdirinya Olami Mart agar ada perbedaan harga dengan kios-kios kecil, ini dimaksudkan untuk memberikan kesempatan kepada kios atau warung kecil.

Artinya, disamping berdirinya ritel ini, usaha dari kios-kios juga tidak akan mati, karena di mana itu (kios) adalah usaha di masyarakat yang berkembang di wilayah itu. 

“Ia, pada dasarnya pemda sangat mendukung atas berdirinya ritel ini, karena ini yang akan menjadi mimpi saya dan Alhamdulillah sudah diwujudkan oleh Direktur Olami Mart, sehingga apresiasi dari kami kepada Ketua Bumdes sekaligus Direktur Olami Mart bersama jajaran”,pungkas bupati.

Sebagai bentuk apresiasi, Bupati Saipul Mbuinga memberikan uang belanja sebesar Rp. 2 Juta,  uang tersebut diperuntukan bagi masyarakat yang ada dan hadir dan diminta bisa dihabiskan saat itu juga oleh masyarakat dengan cara berbelanja pada Olami Mart.

Kegiatan diawali dengan penyerahan bantuan pangan untuk masyarakat Popaya oleh Bupati Saipul Mbuinga kepada perwakilan penerima. (Abd)