Bupati Pohuwato Kunjungi Tempat Pengolahan Minyak (VCO)

 


Suaraindonesia1, Pohuwato - Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga, kunjungi tempat pengolahan minyak kelapa IKM IRADATS yang berlokasi di Desa Soginti, Kecamatan Paguat, Senin (24/07/2023).

Dalam kunjungan tersebut Bupati Saipul melihat pengolahan minyak kelapa murni (VCO). Diketahui IKM IRADATS salah salah satu IKM yang menjadi binaan Bank Indonesia dan Dinas Perindagkop Pohuwato.

Bupati Saipul Mbuinga sangat mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh IKM IRADATS terutama sang owner bapak Iradats yang merupakan pemilik dari perusahaan tersebut. 

"Ini sangat baik, kami sangat mendukungnya, terlebih kehadiran dari perusahaan ini jelas membutuhkan tenaga kerja, sehingga pemerintah terbantu dengan adanya tenaga kerja yang bekerja di tempat ini," ujar Saipul.

"Belum lagi perusahaan ini bergerak pada bahan baku kelapa yang pasti membantu pula petani atau pemilik kelapa itu sendiri untuk dapat dijual di perusahaan ini. Sekali lagi apresiasi kami, dan semoga kedepan perusahaan ini lebih maju lagi," tambahnya.

Selanjutnya dengan produksi yang ada, Bupati Saipul berharap agar permintaan pasar dapat diantisipasi. Karena IKM Iradats ini sudah menjadi binaan Bank Indonesia maka sudah pasti pasarannya sudah sampai luar daerah.

Sementara itu Iradat Bagi selakubowner menjelaskan, kapasitas produksi perusahaan ini adalah 2.000 butir kelapa  perhari. Kemampuan IKM IRADATS dalam satu bulan dapat memproduksi VCO Coold Press 3.000 kg, minyak goreng 4.000 kg, bungkil  2.000 Kg. 

"Terima kasih kepada pak bupati yang telah meluangkan waktu untuk mengunjungi dan menyaksikan pengolahan minyak di perusahaan kami”,ucapnya. 

Iradat menambahkan, bahwa pada pembukaan kegiatan Festival Pesona Pohon Cinta telah dilakukan penandatanganan kerja sama antara UD. Mitra Jaya Mandiri Gorontalo dengan IKM Iradats tentang pembelian minyak goreng 10.000 botol per bulan.

"Penandatanganan itu disaksikan oleh Bupati Pohuwato, Saipul Mbuinga dan Deputi Kepala Perwakilan BI Gorontalo," pungkasnya. (MD)