Kinerja Konsultan Pengawas Perlu Dipertanyakan.


Jambi, SuaraIndonesia1. Di Tahun 2023 Dinas Kementerian Pendidikan Nasional Telah Meluncur Dana Alokasi khusus (DAK) untuk Pembangunan Ruang Laboratorium Komputer Di Sekolah Dasar 122/Vi Sido Makmur 1 Desa Masango, Kecamatan Tabir Lintas Kabupaten Merangin Jambi , kinerja Konsultan Pengawas  Perlu Dipertanyakan.


Adapun pelaksanaan pekerjaan gedung Ruangan laboratorium Komputer untuk SD 122 / vi Sido  Makmur 1 tersebut dikerjakan  oleh CV WIL  TEX JAYA LESTARI diduga kurang nya pengawasan dari konsultan pengawas.


Anehnya  alamat Kantor nya CV WIL TEX JAYA tidak juga ditulis , Nama CV Konsultan perencanaan dan konsultan Pengawasan tidak tercantum di Papan merek proyek tersebut disaat awak media ini investigasi tanggal 24-7-2023 dan susah  untuk dihubungi oleh awak media.



Yang ada tertulis dipapan merak proyek SD 122/Vi Sido Makmur 1,dengan Nilai kontrak , seratus tujuh puluh dua juta sembilan ratus lima puluh ribu rupiah(Rp172,950,00,00) dan no kontrak 027/059/S P K/DAK/SD/KBUD/2023.



Dalam hal ini tugas  konsultan pengawas adalah sangat lah penting agar pembangunan yang di danai dengan dana alokasi khusus(DAK) dari kementerian Pendidikan terjamin kuantitas dan kualitas nya berstandar SNI.



Hal ini terlihat langsung oleh awak media  di pengadaan material jenis kayu, diduga kayu nya kayu campuran sebut saja kayu asal asalan yang  tidak berkelas atau tidak berstandar SNI .



Malah yang dipasang diduga banyak kayu masih muda, basah serta tidak di ter dengan minyak untuk anti rayap 



Kepala Dinas pendidikan  Kabupaten Merangin A Gani Sp.d saat didatangi ke kantornya nya oleh awak media sedang dinas luar kota, kata asisten nya, dan kabid SD(Riskandi ) Juga sedang keluar serta susah untuk ditemui diruang nya oleh media dan dihubungi lewat saluran telpon telkomsel juga tidak aktif.



Diharapkan kepada instansi terkait agar dapat menindak secara tegas bagi oknum yang ingin mencoba sengaja menggerogoti uang negara .

 


Sampai berita ini diterbitkan  kepala dinas dan kabid SD serta konsultan susah dihubungi / konfirmasi oleh awak media.



Pewarta : Depi Afrizal.