BREAKING NEWS
latest
header-ad

468x60

header-ad

APMISO Jakarta Barat Terima Bantuan Mesin Giling dan Cetak Bakso dari PT. Pegadaian Kanwil IX Jakarta Barat 2


Jakarta Barat, suaraindonesia1, Bertempat di Jalan Angsana V No. 5, Duri Kepa,  Jakarta Barat. Asosiasi Pedagang Mie dan Bakso (APMISO) Nusantara Jakarta Barat menerima bantuan mesin giling dan cetak bakso dari PT. Pagadaian Kanwil IX Jakarta Barat 2 pada Jumat (11/8/2023) sekira Pukul 13.00 – 16.00 WIB.


Acara yang dipandu oleh Yuni dihadiri oleh Guntur selaku Dewan Pakar APMISO, Drs. Lasiman, S.Pd., selaku  Ketua Umum APMISO Nusantara, Drs, Win Armizan selaku Ketua APMISO Jakarta Barat, Reza beserta jajaran dari  PT. Pegadaian Kanwil IX Jakarta Barat 2, dari BPJS Tenaga Kerja, dan hadir pula  Cedar Bendahara dari Koperasi Nahma Gayo Raya   serta anggota dan undangan lainnya.



Dalam sambutannya selaku tuan rumah Drs. Win Armizan menyampaikan, “Kita di sini hadir untuk membantu teman-teman penjual bakso yang berada di wilayah Jakarta Barat untuk lebih memudahkan pengadaan daging bakso dengan penggiling daging,” ujarnya,


Lebih lanjut Drs, Win Armizan menyampaikan dengan kehadiran BPJS Ketenagakerjaan pada saat tersebut guna membantu dalam menangani para pedagng bakso serta memfasilitsi pengobatan apabila terjadi pada pedagang bakso.



Sementara itu Ketua Umum APMISO Nusantara menyampaikan bahwa, “APMISO hampir tepenuhi kepengurusan di DKI Jakarta. Hari ini  hadir Pengurus APMISO dari wilayah-wilayah Jakarta Barat, Jakarta Utara, Jakarta Selatan dan Tangerang,” jelas Lasiman.


Lasiman menyampaikan pula, “Keberadaan APMISO harus difasilitasi oleh Pemerintah. Saya berterima kasih kepada PT. Pegadaian yang sudah berkolaborasi dengn APMISO yang telah memberikan fasilitas mesin giling daging yang steril. Dan bantuan ini merupakan  mesin penggilingan bakso yang pertama,” ujarnya.


Lasiman juga berterima kasih akan kehadiran dari BPJS Ketenagakerjaan, dan ia berharap anggota APMISO dapat menerima dan mengikuti program yang ditawarkn BPJS Ketenagakerjaan. 


Lasiman juga menyampaikan, “Di wilayah Jakarta Utara akan ada inovasi seperti bakso ikan yang terbuat dari bahan baku ikan sebagaimana kita ketahui wilayah Jakarta Utara merupakan penghasil ikan. Kami berharap melalui kegiatan hari ini agar PT. Pegadaian dan BPJS Ketenagakerjaan dapat melakukan MoU dengan APMISO,” ujarnya.


Reza perwakilan dari PT. Pagadaian Kanwil IX Jakarta Barat 2 dalam sambutan menyampaikan, “Pegadaian kini sudah menjadi PT dan menjadi anak perusahaan BRI, dengan posisi tersebut Pegadaian akan lebih lagi dalam meningkatkan pelayanan ke masyarakat tingkat menengah ke bawah,” ujar Reza.


Lebih lanjut Reza menambahkan, “Program PT. Pegadaian banyak banget, darn hari ini kami memberikan bantuan mesin penggilingan daging guna  memacu agar teman-teman pedagang bakso lebih cepat dalam meproduksi daging bakso dan higienis.,” ucapnya.


Reza juga menawarkan program KUR (Kredit Usaha Rayat) dari  PT. Pegadaian  kepada APMISO yang di Jakarta Barat saja memiliki anggota berjumlah 4.000 orang dengan bunga yang sangat kecil hanya 3%. 


Guntur selaku Dewan Pakar APMISO Nusantara memberikan arahan dalam sambutannya, “Di tempat ini merupakan hal yang luar biasa di Jakarta Barat sebagai sentra UMKM. Di sini merupakan pusat kebangunan  ekonomi kerakyatan,” ujarnya.


“Pak Lasiman saat bertemu dengan saya mengusulkan permohonan bantuan mesin penggiling bakso bersama agar dapat menghasilkan bakso yang higienis dan sudah berbicara dengan Sucofindo untuk disertifikasi,” ujarnya.


Perwakilan BPJS Ketenagakerjaan yang siap bermitra dan bekerjasama dengan APMISO dalam sambutan menyampaikan, “Pekerja non formal seperti pedagang bakso perlu dicover dengan BPJS Ketenagakerjaan, kami menawarkan program Jaminan Kecelakaan Kerja, Jaminan Kesehatan, Jamnan Kematian karena kami tidak  fokus pada pekerja saja tetapi juga pada ahli waris. Kalau mau mengikuti ucapan Pak Lasiman kita mendaftar BPJS Ketenagakerjaan hanya dengan semangkok baso, sangat bermanfaat, bahkan bisa sampai untuk biaya anak-anak dengan program bea siswanya. Program ini sangat terjangkau bagi pedagang bakso,” paparnya. 


Dalam kesempatan tersebut hadir pula Cedar Bendahara dari Koperasi Nahma Gayo Raya yang berharap adasnya kerjasama yang baik antara koperasinya dengan APMISO menyampaikan, “Kiranya melalui kesempatan ini kita dapat melakukan kerjasama yang baik, kami berencana membuka gerai bakso sekelas Bakso Budjangan,” urainya.


H. Iskandar selaku Pengurus APMISO Jakarta Timur berterima kasih diberi kesempatan berbicara. Ia menyampaikan gagasan membuka BLK, “Saya memberikan masukan agar APMISO membuka BLK misalnya dengan program Bahasa Inggris dan Bahasa Mandarin dan anak-anak pedagang bakso yang tidak mampu kami cover, mudah-mudhan program kami ini dapat disampaikan kepada RI 1,” harapan Iskandar kepada Guntur selaku Staf Alhi Wakil Presiden RI.


Acara diakhiri dengan  Pemberian secara simbolis dari PT. Pegadaian Knwil IX Jakarta 2 yaitu Bantuan Mesin Giling dan Cetak Bakso kepad APMISO Jakarta Barat senilai Rp. 69.000.000.- yang diserahkan Reza kepada APMISO Jakarta barat didampingi Pengurus APMISO Nusantara dan disaksikan oleh para hadirin. Dilanjutkan dengan foto bersama dan demo pengoperasian mesin penggiling daging bakso. 


Acara yang sederhana tapi sangat bermanfaat dan istimewa tersebut ditutup dengan ramah tamah makan bakso bersama dan kuliner produk UMKM dari APMISO Jakarta Barat.



Reporter: Jerry Patty.

« PREV
NEXT »