Dorong Geliat UMKM, Aipda Kirno Bhabin Polres Raja Ampat Buka Lapak Tampung Hasil Pertanian Warga.



Waisai-SuaraIndonesia1.com- Dorong geliat UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) diwilayah binaannya , Aipda Sukirno  anggota Bhabinkamtibmas Polres Raja Ampat membuka lapak dagang di  Pasar Waisai untuk menampung hasil Pertanian masyarakat sekitar.


Usaha yang telah dirintis selama  3 tahun ini telah  menyerap  berbagai hasil pertanian masyarakat  mulai dari sayur mayur hingga buah-buahan.


Pria yang kerab disapa dengan panggilan Pak Kirno ini selain menampung hasil pertanian masyarakat sekitar juga menyediakan bibit dan pupuk kepada para petani  untuk dijual dengan harga terjangkau.


Aipda Sukirno mengaku awalnya  hanya memperkenalkan bibit dan obat-obatan pertanian kepada masyarakat untuk membuka  lapangan pekerjaan sendiri  dengan bercocok tanam dibidang pertanian.


"Awalnya keinginan saya ingin mengajak masyarakat agar jangan berharap ke pemerintah saja tetapi kita harus bisa mandiri dan berusaha sendiri  dengan cara bertani" Tutur Kirno, Selasa(29/8/2023).


Seiring waktu setelah berjalan selama 1 tahun Aipda Sukirno akhirnya membuka lapak dagangan di sekitar Pasar Waisai untuk memudahkan masyarakat petani mengantar hasil pertaniannya juga mendapatkan bibit dan pupuk.


"Selain jual bibit, Saya juga jual obat-obatan yang sengaja saya datangkan dari luar kota untuk memenuhi kebutuhan para petani kita" ujarnya.


Berkat usaha yang ditekuni Aipda Sukirno disamping tugasnya sebagai Bhabinkamtibmas kelurahan Waisai kota agar situasi desa maupun kelurahan  tetap kondusif saat ini dirinya telah dapat  membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar untuk diperkejakan.


(A.Ginting)