Kapolda Sulut Launching E-Fasmat dan Resmikan Renovasi Gedung Pelayanan BPKB Ditlantas


Suaraindonesia1, Manado - Kapolda Sulawesi Utara (Sulut), Irjen Pol Setyo Budiyanto melaunching aplikasi E-Fasmat Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Sulut, pada Rabu (13/9/2023) pagi.


Kegiatan tersebut dirangkaikan dengan peresmian renovasi gedung pelayanan BPKB dan papan nama kantor Ditlantas Polda Sulut. 



Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Sulut, Kombes Pol Rachmad Iswan Nusi dalam laporan sebelum launching menjelaskan, E-Fasmat merupakan aplikasi yang dapat membantu pengelolaan pencatatan stok material terintegrasi antar setiap wilayah dengan gudang Fasmat Ditlantas Polda Sulut.


“Aplikasi E-Fasmat memiliki beberapa keunggulan. Di antaranya, transparansi ketersediaan stok material, dan mempermudah penyaluran material dengan mengacu pada data sisa stok secara real time. Kemudian, efektif dan efisien pencatatan tidak dibuat secara terpisah, dan aplikasi ini nantinya bisa dikembangkan untuk pencatatan material lain seperti alat transportasi maupun inventaris komando serta material pendukung lainnya. Sedangkan renovasi gedung pelayanan BPKB bertujuan untuk memberikan pelayanan yang lebih nyaman kepada masyarakat,” jelasnya.



Sementara itu Kapolda Sulut dalam sambutannya, mengapresiasi dibuatnya aplikasi E-Fasmat maupun renovasi gedung pelayanan BPKB dan papan nama kantor Ditlantas Polda Sulut sehingga bisa diresmikan sekaligus. 


“Apresiasi kepada Dirlantas Polda Sulut dan jajaran yang telah banyak memberikan kreasi dan inovasi, salah satunya dengan hadirnya aplikasi E-Fasmat ini,” ujar Irjen Pol Setyo Budiyanto.




Dirinya berharap, satuan-satuan kerja lainnya di Polda Sulut dan jajaran juga bisa melakukan kreasi dan inovasi sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya masing-masing demi meningkatkan pelayanan bagi masyarakat.


“Semua satuan kerja bisa berkreasi dan berinovasi. Aplikasi E-Fasmat ini menurut saya sangat penting, apalagi di era teknologi informasi, banyak hal yang harus diubah. Dari yang selama ini pencatatan dilakukan secara manual melalui pembukuan, maka sekarang dilakukan secara digital, sehingga lebih efisien, dan yang paling penting adalah transparansi,” kata Irjen Pol Setyo Budiyanto.


Renovasi ruang perkantoran, sambungnya, juga perlu dilakukan untuk meningkatkan kenyamanan, baik bagi personel terlebih bagi masyarakat.


“Dengan adanya renovasi dalam rangka pelayanan kepada masyarakat, harapannya masyarakat semakin nyaman, dan personel semakin semangat dalam memberikan pelayanan terbaik,” pungkas Irjen Pol Setyo Budiyanto.


Launching dan peresmian tersebut ditandai dengan penekanan tombol dan penandatanganan prasasti oleh Kapolda Sulut didampingi Wakapolda, Dirlantas, Kepala Bapenda Provinsi Sulut, Kepala Cabang Jasa Raharja Sulut serta Pimpinan BRI Cabang Manado. 


Dilanjutkan dengan pengguntingan pita dan peninjauan ruang pelayanan BPKB. Rangkaian kegiatan tersebut turut dihadiri oleh para Pejabat Utama Polda Sulut beserta tamu undangan lainnya. ( Si1 - Rom )