Pangkoarmada III Resmikan Lanal Tipe C Nabire




Nabire - Suaraindonesia1, Peresmian TNI AL Koarmada III Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Nabire yang berada di jalan poros Samabusa Nabire Papua Tengah, oleh Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) III Laksamana Muda TNI Rachmad Jayadi.


Peresmian Lanal Nabire ditandai dengan pengguntingan pita Mako Lanal Nabire oleh Ketua Daerah Jalasenastri Armada III Ny Insani R Jayadi, sekaligus dilaksanakan pengukuhan Komandan Lanal Nabire Letkol Laut (P) Pius Herdasa Krisna Murti, bertempat di lapangan Mako Lanal Nabire. Kamis, (09/11/2023) pagi.



Upacara tersebut ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pembukaan selubung papan nama Mako Lanal Nabire oleh Pangkoarmada III. Didampingi Sekda Provinsi Papua Tengah Anwar H. Damanik dan Komandan Lantamal X Jayapura Brigjen TNI (Mar) Ludi Prastyono.


Peresmian TNI AL Koarmada III Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Nabire, yang berada di Papua Tengah disaksikan, Danramil 1705 Nabire diwakilkan Mayor Inf Al muttaqin S.A.P, M.M (Kasdim 1705/Nabire), Kapolres Nabire AKBP I Ketut Suaryana, Kalapas Kelas IIB Nabire, I Made Supartana, Forkopimda Papua Tengah, Forkopimda Kab Nabire, Basarnas Nabire,Tokoh Agama, Tokoh Adat dan Tokoh Masyarakat.



Laksda TNI Rachmad Jayadi menuturkan, pendirian Pos TNI Angkatan Laut di Nabire merupakan adanya keinginan dari masyarakat dalam rangka membantu menjaga keamanan di wilayah pesisir Kabupaten Nabire. 


“Sejarah pembangunan Pos TNI AL (Posal) Nabire yang didirikan pada tahun 2005 di daerah Kampung Samabusa, Distrik Teluk Kimi, Kabupaten Nabire. Berdirinya Posal keinginan dari masyarakat dan Bupati Nabire Anselinus Petrus Youw, dilanjutkan oleh Isaias Douw, Bupati Nabire periode selanjutnya.” ujarnya.



Rachmad Jayadi menuturkan letak wilayah kerja Posal Nabire berhadapan langsung dengan Samudera Pasifik yang merupakan salah satu jalur pelayaran nasional dan internasional, serta mencakup wilayah pesisir yang terletak pada Dua Provinsi, yaitu Papua Barat dan Papua Tengah, maka daripada itu tantangan keamanan di wilayah ini kedepan akan semakin kompleks. 

Laksda Muda TNI Rachmad Jayadi menyampaikan TNI AL merasa perlu untuk meningkatkan status Posal menjadi Pangkalan TNI AL Tipe D.

Dengan Peraturan Kasal No 1 Tahun 2021 yang dikeluarkan, dinaikkan kembali statusnya menjadi Lanal Tipe C.


"Dengan Melalui Peraturan Kasal No 11 Tahun 2023 yang berada di bawah kendali Lantamal X Jayapura Papua. Menunjukkan komitmen Pimpinan TNI AL untuk menghadirkan keamanan laut di wilayah ini provinsi Papua Tengah,” kata Pangkoarmada III.


Laksda TNI Rachmad Jayadi menekankan beberapa hal yang harus dilaksanakan, diantaranya adalah agar selalu bermanfaat bagi masyarakat sekitar, Baik perkembangan Pembangunan di daerah, serta berkolaborasi dan bersinergi dengan jajaran Forkopimda maupun tokoh agama, tokoh adat dan tokoh Masyarakat. Ini juga guna mempelopori usaha-usaha untuk mengatasi kesulitan rakyat, dan jadilah tauladan dalam mematuhi hukum dan aturan yang berlaku di tengah Masyarakat.


"TNI untuk tetap menjaga Netralitas dalam Pemilu dan Pilkada yang akan datang, jangan terlibat politik praktis baik Prajurit, PNS maupun keluarga. Sehingga kepercayaan rakyat kepada TNI tidak tercederai di tengah kontestasi Pemilu sesuai dengan tuntutan konstitusi," ucap Laksda TNI Rachmad Jayadi. 


Peresmian Pangkalan TNI Angkatan Laut Nabire juga dimeriahkan dengan Kolone Senapan dari Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan X Jayapura Pasmar 3. Adapun Tarian Adat serta pelaksanaan Bakti Sosial kepada masyarakat setempat oleh Pangkoarmada III dan Ketua Daerah  Jalasenastri Armada III.


(Tim/FN/AS)