Polri, TNI, dan Pemerintah Kota Bitung Gelar Bakti Sosial dan Bakti Kesehatan bagi Masyarakat


SUARAINSONESIA1, BITUNG– Polda Sulawesi Utara (Sulut) bersama Polres Bitung, unsur TNI, dan Pemerintah Kota Bitung menggelar bakti sosial dan bakti kesehatan bagi warga masyarakat Kota Bitung, pada Kamis (30/11/2023) siang. Kegiatan dipusatkan di Taman Kesatuan Bangsa, Kecamatan Maesa.


Kegiatan ini dihadiri oleh Kapolda Sulut didampingi Ketua Pengurus Daerah Bhayangkari Sulut, para Pejabat Utama Polda Sulut, Wali Kota Bitung beserta Forkopimda, Kapolres Bitung didampingi Ketua Bhayangkari Cabang Bitung, para pejabat TNI beserta Pengurus Persit Kartika Chandra Kirana, para ketua organisasi kemasyarakatan adat dan ketua organisasi keagamaan di Kota Bitung, para tamu undangan lainnya, serta warga masyarakat.



Sesaat usai tiba di lokasi kegiatan, Kapolda Sulut dan rombongan meninjau langsung pelaksanaan bakti kesehatan serta berdialog dengan para petugas kesehatan maupun warga masyarakat.


“Kita berkumpul di Taman Kesatuan Bangsa Kota Bitung ini untuk melaksanakan kegiatan bakti sosial dan bakti kesehatan, dalam rangka semangat Polda Sulut bersama unsur TNI dan Pemerintah Kota Bitung melayani dan melindungi masyarakat,” kata Kapolda Sulut Irjen Pol Setyo Budiyanto dalam sambutannya. 



Lanjutnya, kegiatan ini dilaksanakan untuk memberikan pelayanan terutama dalam hal kesehatan kepada warga masyarakat Kota Bitung.


“Jadi, kegiatan ini dilakukan utamanya adalah untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat dalam hal kesehatan. Selain itu ada bakti sosial, ada beberapa paket bantuan yang sudah disiapkan,” ujar Irjen Pol Setyo Budiyanto. 



Dirinya mempersilahkan kepada warga masyarakat untuk mengikuti pemeriksaan kesehatan di tenda-tenda yang telah disiapkan. Adapun bakti kesehatan meliputi pemeriksaan lab sederhana yakni kolesterol, asam urat, dan gula.


“Nanti langsung tahu gula darahnya berapa, asam uratnya berapa, kolesterolnya berapa, dan nanti akan diberikan obat oleh tim dokter. Tim dokternya pun bukan hanya dari Biddokkes Polda Sulut. Ada dari Kodam XIII/Merdeka, Puskesmas, rumah sakit daerah yang ada di Kota Bitung, semuanya lengkap, dan disesuaikan dengan keluhan-keluhan yang dialami oleh warga,” jelas Irjen Pol Setyo Budiyanto.



Kapolda Sulut berharap, kegiatan serupa bisa dilanjutkan dengan melibatkan lebih banyak pihak.


“Mudah-mudahan kegiatan ini bisa kita lanjutkan lagi. Yang pertama tujuannya adalah masyarakat Kota Bitung sehat. Kalau sudah sehat, maka aktivitasnya menjadi kuat,” harap Irjen Pol Setyo Budiyanto.


Dirinya pun memberikan apresiasi kepada seluruh pihak yang turut ambil bagian dalam pelaksanaan bakti sosial dan bakti kesehatan ini. 


“Saya bersyukur, berterimakasih, dan mengapresiasi kepada seluruh pihak yang terlibat dalam bakti sosial dan bakti kesehatan ini, termasuk kepada seluruh warga masyarakat yang berkenan hadir untuk mengikuti kegiatan. Sehingga berkat kerjasama kita semua, kegiatan dapat berjalan dengan baik,” pungkas Irjen Pol Setyo Budiyanto.


Selanjutnya dilakukan penyerahan bantuan sosial secara simbolis oleh Kapolda Sulut beserta para pejabat yang hadir, kepada para perwakilan warga masyarakat. 


Adapun bantuan yang diberikan sebanyak kurang lebih 400 paket sembako. Sedangkan dalam bakti kesehatan yang diikuti ratusan warga masyarakat, juga dilakukan pemberian makanan tambahan bagi beberapa anak penderita stunting. (SI1-ROM)