HARI NUSANTARA Pertama Kali Diperingati di Kabupaten Boalemo oleh Kelompok Masyarakat Pengawas ( PokMasWas ) Sahabat Bahari




Boalemo - SuaraIndonesia1. Roy Syawal sebagai ketua PokMasWas Sahabat Bahari dan Juga Ketua Perkumpulan Sahabat Nelayan Boalemo, Ketua Boalemo Diving Club Bersama para pengurus besar PokMasWas, SNB, dan BDC Peringati Hari Nusantara HARNUS di Pulau Asiangi Desa Bajo Kecamatan Tilamuta pada Rabu (13/12/2023). Kegiatan ini pun turut mengundang para pecinta alam dari luar daerah dan dalam daerah .


Roy Syawal mengajak kepada semua masyarakat Kabupaten Boalemo khususnya yang berada dan tinggal di kawasan pesisir untuk menjaga dan mencintai serta melestarikan lautan dan ekosistem di dalam laut itu sendiri, sehingga tema HARNUS (SUMBER DAYA ALAM BOALEMO UNTUK GENERASI MENDATANG). "Sumber Daya Alam ini bukan warisan Nenek Moyang kita, tapi titipan dari anak cucu kita, Artinya Apa yang sudah kita ambil, kita petik untuk kehidupan kita setiap hari, itu harus bisa di kembalikan seperti sedia kala demi kehidupan generasi yang akan datang." Tegas Roy Syawal



Hari Nusantara pun sudah melalui Deklarasi Juanda pada 13 Desember Tahun 1957, Kemudian di peringati setiap tahunnya sebagai Hari Nusantara (HARNUS) berdasarkan Ketetapan Presiden RI No 126 Tahun 2001, yang menyatakan kepada dunia bahwa laut Indonesia mencakup area di antara dan di dalam kepulauan Indonesia menjadi satu kesatuan Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.


Roy juga menambahkan bahwa HARNUS di peringati di Daerah Kabupaten Boalemo untuk pertama kali, sejak berdiri atau terbentuk satu daerah otonom baru pada tahun 1999, Kabupaten Boalemo pun memiliki garis pantai yang cukup panjang dan memiliki 24 pulau - pulau kecil dan besar dari ujung Paguyaman Pantai hingga semenanjung Mananggu, Kabupaten Boalemo terdapat 7 kecamatan, 5 di antaranya berada di kawasan pesisir Kabupaten Boalemo . Yaitu Kecamatan Paguyaman Pantai, Dulupi, Tilamuta, Botumoito dan Kecamatan Mananggu, sedangkan 2 di antara Kecamatan Paguyaman dan Kecamatan Wonosari merupakan  Daerah Pertanian.


Kabupaten Boalemo sendiri memiliki jumlah penduduk terbanyak berada di kawasan pesisir dan sebagian besar berprofesi sebagai Nelayan. Roy pun menghimbau dan mengajak kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Boalemo agar ke depan bisa memperingati hari yang bersejarah ini.


Penulis : Wazna Moli