Kesadaran Masyarakat Tentang KRUCIAL Penertiban SAMPAH Masih Minim




Tambolaka - SuaraIndonesia1, Permasalahan sampah terus terjadi karena minimnya penegakan hukum dan anggaran pengelolaan sampah tidak adanya panduan .


Pemerintah kabupaten Sumba Barat Daya khususnya dinas terkait harusnya  mengambil peran aktif dalam mendorong masyarakat kota tambolaka terhadap pentingnya menjaga lingkungan dan bertanggungjawab dalam pengelolaan sampah .



Namun berjalannya hari demi hari kesadaran masyarakat akan pentingnya lingkungan menjadi sorotan perhatian bagi khalayak mata umum .


Mengingat akan dampak negatif yang timbul akibat kurangnya perhatian terhadap pengelolaan sampah , beberapa aset yang merupakan aset pemerintah mulai dari pengelolaan penertiban dan terutama kebersihan pada pasar weepangali yang berlokasi di obakomi menjadi lumbung sampah .



Bayangkan , Lokasi pasar weepangali yang ada di obakomi yang di gawai oleh beberapa dinas terkait dihiasi oleh beberapa titik sampah dan yang paling disayangkan lagi adalah area perhubungan sudah menjadi tempat sampah berdasarkan foto atau gambar yang telah di abadikan tertanggal 26 Desember 2023 .


Dengan berserahkan sampah pada beberapa titik keramaian hal ini telah menyebabkan pencemaran lingkungan di berbagai wilayah di kabupaten SBD terutama wilayah kota tambolaka .


Mestinya untuk mengantisipasi dan  menekan muncul serta menularnya beberapa wabah penyakit tentunya  kaloborasi beberapa dinas terkait dan  semua elemen masyarakat tentang sampah agar memiliki peran krusial dalam menjaga lingkungan dan  kerjasama dari seluruh lapisan masyarakat merupakan kunci untuk mengatasi tantangan lingkungan di sekitar kita .


Dengan menumpuknya sampah di lokasi parkir dan beberapa titik sampah , tertanggal 23 desember 2023 kabid retribusi , Dominikus Momengambil langkah memantau semua sampah yang berserahkan di pasar weepangali lokasi obakomi serta  mengharapkan masyarakat pengguna jasa pasar agar dapat memacu tentang  kesadaran masyarakat tanpa terkecuali  untuk lebih aktif dalam menjaga lingkungan dan turut serta dalam pengelolaan sampah yang lebih baik serta mengimbau seluruh komponen masyarakat sebagai pengguna jasa pasar untuk mematuhi beberapa point penting dalam pengelolaan sampah :

-- larangan membuang sampah menumpuk dan menyimpan sampah atau bangkai binatang di tempat umum seperti jalan , jalur hijau , taman dan sungai dan fasilitas umum lainnya .

-- larangan membuang sampah atau kotoran dari kendaraan .

-- larangan membakar sampah yang tidak sesuai dengan aturan teknis pengelolaan sampah ........Eman Ledu .