Kesbangpol Jakut Dukung Media Perisai Hukum dan IPJI: Ciptakan Wartawan Kompeten dengan Pelatihan Jurnalistik Gratis




Jakarta Utara, suaraindonesia1.com

Media online Perisaihukum.com dan Ikatan penulis dan Jurnalis Indonesia (IPJI) DKI Jakarta Utara berkolaborasi melangsungkan Diklat/Pelatihan Jurnalistik di Gedung Walikota Jakarta Utara, Jumat (29/12/2023). 


Dalam rangka menciptakan pewarta yang kompeten Media Online Perisaihukum.com yang dipimpin oleh Jerry Patty, mengajak semua media terutama di Jakarta Utara untuk mengikuti pelatihan jurnalistik secara gratis.



Dalam keterangan Media, Jerry Patty selaku Pimpinan Redaksi Perisaihukum.com berucap,  “Terima kasih Kepada Kasudin Kesbangpol Kota Administrasi Jakarta Utara yang telah memberikan tempat dan fasilitas, semoga ini berjalan dengan lancar serta dapat memberikan pelatihan sesama pewarta dan memahami dalam menjalankan tugas sebagai Jurnalis," tutur Jerry Patty. 


Kegiatan Pelatihan Diklat Jurnalistik Perisai Hukum dihadiri oleh Yunus Burhan selaku Kasudin Kesbangpol Jakarta Utara, Heri Sulaiman Ketua IPJI DKI Jakarta serta Iko Setiawan selaku Ketua IPJI Jakarta Utara serta Johan sopaheluwakan  dan Helmi sebagai nara sumber.



Yunus Burhan Selaku Kasudin Kesbangpol Kota Administrasi Jakarta Utara mengatakan, "Semoga Pelatihan Diklat Jurnalistik Perisai Hukum ini berkelanjutan ke depannya dan dapat berkolaborasi dengan pihak Instansi pemerintah dan instansi aparatur negara," ucapnya. 


Merujuk, UU No. 40 Tahun 1999 tentang pers, dikatakan bahwa pers merupakan lembaga sosial dan wahana komunikasi massa yang melaksanakan kegiatan jurnalistik. Hal ini meliputi mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah, dan menyampaikan informasi dalam bentuk lisan, tulisan, suara, gambar maupun media elektronik, dan segala saluran yang tersedia.


Berdasarkan definisi pers di atas, hal ini dapat dipahami bahwa pers adalah lembaga sosial yang memiliki sifat independen dan memiliki kewenangan untuk memberikan informasi kepada masyarakat. Selain itu, pers juga memiliki kemerdekaan untuk memperoleh, mengolah, dan menyampaikan pikiran melalui lisan maupun tulisan.


Mengutip ucapan Bendahara Forum Jurnalis Hitam Putih Yordani Emerald yang biasa disapa Jody, “Pers yang bebas dan bertanggungjawab berperan penting dalam masyarakat demokratis dan menjadi unsur pokok dalam mewujudkan negara yang demokratis. Sehingga pers dituntut dapat memenuhi hak masyarakat dalam mengetahui informasi secara akurat, jujur, dan berimbangberimbang


Oleh karena itu, kebebasan pers harus tetap dijunjung tinggi sebagai salah satu upaya penegakan demokrasi di Indonesia dan dapat menjalankan fungsi pers dengan baik, tutup jody



Reporter: Jerry patty