Kodim 1316/Boalemo Gelar Upacara Peringatan Hari Juang TNI-AD Ke-78




Boalemo - SuaraIndonesia1. Tanggal 15 Desember merupakan tanggal khusus bagi Korps Infanteri TNI-AD dan diperingati sebagai Hari Juang TNI-AD untuk mengenang Pertempuran Ambarawa, Sebelumnya Hari Juang Kartika TNI AD bernama Hari Infanteri.


Dalam memperingati Hari Juang TNI-AD,  Komando Distrik Militer 1613 Boalemo pada hari Jumat (15/12/2023) Menggelar Upacara Peringatan Hari Juang TNI-AD ke-78 dengan Tema TNI-AD Bersatu Dengan Alam Membangun NKRI yang dilaksanakan di Makodim 1316/Boalemo, Jl.Trans Sulawesi, Desa Lamumbo, Kec. Tilamuta.



Pada Upacara tersebut yang bertindak Sebagai Inspektur Upacara yakni Plh. Kasdim 1316/Boalemo Kapten Inf Sulaiman, Komandan Upacara Pelda Gandut Supriyanto Perwira Upacara Letda Inf Aris Saidi, serta di ikuti oleh seluruh Personel Kodim 1316/Boalemo.


Kapten Inf Sulaiman Plh. Kasdim 1316/Boalemo yang bertindak sebagai Inspektur Upacara membacakan Amanat Jenderal Besar Soedirman.



"Robek-robeklah badanmu, potong-potonglah jasadku, tetapi jiwaku yang dilindungi benteng Merah Putih akan tetap hidup, tetap menuntut bela, siapapun lawan yang dihadapi. Tentara bukan merupakan suatu kalangan diluar masyarakat, bukan suatu kasta yang berdiri diatas masyarakat. Tentara hanya mempunyai kewajiban satu ialah mempertahankan kedaulatan negara dan menjaga keselamatannya, sudah cukup kalau tentara takut memegang kewajibannya itu. Lagi pula sebagai tentara, disiplin harus dipegang teguh tunduk kepada pimpinan atasannya, dengan ikhlas mengerjakan kewajibannya tunduk kepada perintah pimpinannya. Inilah merupakan kekuatan dari suatu tentara".


"Kamu sekalian telah bersumpah bersama-sama rakyat seluruhnya, akan mempertahankan kedaulatan negara Republik kita dengan segenap harta benda dengan jiwa raga, jangan sekali-kali diantara tentara kita, ada yang menyalahi janji menjadi penghianat nusa, bangsa, dan agama, harus senantiasa ingat, bahwa tiap-tiap perjuangan tentu memakan korban tetapi kamu sekalian telah bersumpah, ikhlas mati sebagai kusuma bangsa. Meskipun kamu dapat dilatih jasmani yang sehebat-hebatnya, tidak akan berguna jika kamu mempunyai sifat menyerah, tentara akan timbul dan tenggelam bersama-sama negara."


"Anak-anakku tentara Indonesia, kamu bukanlah serdadu sewaan, tetapi prajurit yang berideologi yang sanggup berjuang dan menempuh maut untuk keluhuran Tanah Airmu. Percaya dan yakinlah, bahwa kemerdekaan suatu negara yang didirikan diatas himpunan runtuhan ribuan jiwa, harta benda dari rakyat dan bangsanya tidak akan dapat dilenyapkan oleh manusia siapapun juga. Berjuang terus, Insya Allah, Tuhan melindungi perjuangan suci kita, janji sudah kita dengungkan, tekad sudah kita tanamkan, semua ini tidak akan bermanfaat bagi tanah air kita, apabila janji dan tekad ini tidak kita amalkan dengan amalan yang nyata".


Setelah membacakan Amanat Jenderal Besar Soedirman, Kapten Inf Sulaiman juga membacakan Amanat Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD).

"Selaku Kepala Staf Angkatan Darat dan pribadi saya mengucapkan Selamat Hari Juang TNI AD Ke-78 tahun 2023 kepada segenap Prajurit dan PNS TNI beserta keluarga, teriring ucapan terimakasih yang tulus dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas pengabdiannya selama ini,” ucapnya.


Menurutnya, Hari Juang TNI AD merupakan momentum penting untuk mengenang perjuangan para pahlawan yang telah rela mengorbankan jiwa dan raganya demi mempertahankan kemerdekaan dan kedaulatan bangsa Indonesia.


Dirinya juga menambahkan bahwa Peringatan Hari Juang TNI AD ke-78 tahun 2023 ini mengusung tema TNI Bersama Rakyat Bersatu Dengan Alam Untuk NKRI. Tema ini memiliki makna yaitu TNI AD harus terus memperkuat kemanunggalan dengan rakyat, meningkatkan kemampuan dan berperan aktif dalam pelestarian alam.


Kasad juga menyampaikan bahwa dalam menghadapi bermacam tantangan dan ancaman yang semakin komplek TNI AD harus terus meningkatkan kemampuannya baik dari segi personel, alutsista maupun doktrin.

“Selain itu, kita harus berperan aktif dalam pelestarian alam. Pelestarian alam merupakan tanggung jawab bersama termasuk TNI AD,” tuturnya.


Mengakhiri amanatnya Kasad berpesan kepada seluruh Prajurit Angkatan Darat (AD) bahwa dalam memasuki tahun politik tahun 2024, seluruh prajurit Angkatan Darat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap berbagai potensi kerawanan yang mungkin terjadi di lingkungan tugasnya masing-masing serta memegang teguh komitmen Netralitas TNI.


Upacara Hari Juang TNI-AD mempunyai Tekat yang kuat dalam mengenang Jasa-jasa perjuangan Para Pahlawan pendahulu agar tetap semangat untuk pengabdian kepada NKRI.


Penulis : Ayimun Sunga