BREAKING NEWS
latest
header-ad

468x60

header-ad

Bupati Pohuwato : Peringatan Hari Patriotik Harus Jadi Spirit Bagi Siapapun


Suaraindonesia1, Pohuwato - Peringatan puncak Hari Patriotik ke 82 yang dipusatkan di lapangan Duwano, Kecamatan Suwawa, Kabupaten Bonebolango Dihadiri Bupati Pohuwato, Saipul A Mbuinga, Selasa, (23/01/2024).

Dalam Upacara Hari Patriotik 23 Januari Tahun 2024 tingkat Provinsi Gorontalo itu,  Pj. Gubernur Gorontalo Ismail Pakaya bertindak sebagai Inspektur Upacara.

Turut hadir Bupati/Wali kota se-Provinsi Gorontalo, unsur Forkopimda Provinsi dan Kabupaten/Kota, TNI/Polri serta anggota DPRD Provinsi.

Bupati Saipul A. Mbuinga menjelaskan, Hari Patriotik 23 Januari yang diperingati setiap tahun oleh pemerintah dan seluruh masyarakat Provinsi Gorontalo merupakan peristiwa bersejarah yang menjadi puncak perjuangan masyarakat Gorontalo dalam mengusir penjajah dan merebut kemerdekaan bangsa Indonesia di Gorontalo.

Menurutnya, di bawah pimpinan Pahlawan Nasional, Nani Wartabone, para pemuda dan seluruh masyarakat Gorontalo kala itu, berhasil mengusir penjajah Belanda dan mengibarkan bendera Merah Putih di lapangan Taruna Remaja dan kantor Pos di Kota Gorontalo.,

Hari Patriotik 23 Januari ungkap Bupati Saipul, harus menjadi spirit bagi siapapun orang Gorontalo dalam membangun Provinsi Gorontalo termasuk membangun Kabupaten Pohuwato.

“Di masa kemerdekaan saat ini, seluruh masyarakat Gorontalo berkewajiban untuk meneruskan cita-cita perjuangan Pahlawan Nasional Nani Wartabone dengan meningkatkan semangat untuk bekerja, berinovasi, dan rela berkorban dalam pembangunan serta pula bersatu padu dengan pemerintah dalam mewujudkan dan membangun Provinsi Gorontal," kata Saipul.

Sementara itu, kegiatan peringatan hari patriotik 23 Januari kali ini, dilanjutkan dengan ziarah dan tabur bunga ke makam pahlawan Nani Wartabone di Desa Bube Baru, Kecamatan Suwawa, Kabupaten Bone Bolango.


(Abd)

« PREV
NEXT »