Demi Tingkatkan Mutu Pendidikan Agama Di Boalemo, Yayasan Al-Ma'Ruf Kembali Membuka Program


Boalemo - SuaraIndonesia1. Al-Ma'Ruf merupakan salah satu Yayasan yang menjadi Pusat Pengembangan Potensi Umat yang ada di Kabupaten Boalemo, awalnya Yayasan Al-Ma'ruf dibuka sebagai pusat Kegiatan Pengajian (Baca, Tulis Al-Quran) dimana hanya terdapat lima Orang santri yang terdiri dari Masyarakat Tilamuta dan satu Orang Guru yakni Herman Hasan. Untuk lebih mengenalkan pada Masyarakat, Yayasan Al-Ma'Ruf mengundang salah ustad dari Subang, Jawa barat yaitu  Ustad Wahid Wandini, untuk melanjutkan kegiatan Pengajian (Baca, Tulis Al-Quran).


Beberapa Bulan Kemudian Yayasan Al-Ma'Ruf membuka Lembaga Tahsin dan Tahfidz Al-Quran (LTQ) yang sudah memiliki jumlah santri sebanyak 74 Orang dan didalamnya terdapat Panti Asuhan, yang diresmikan Oleh Pemerintah Daerah dalam hal Ini Bupati Boalemo Anas Jusuf, didampingi Sekretaris Daerah serta disaksikan langsung oleh Kepala Kementrian Agama Kabupaten Boalemo bersama Ketua Yayasan Al-Ma'Ruf Yusran Djupura.



Ketua Yayasan Al-Ma'Ruf Yusran Djupura saat di temui oleh Awak Media di kediamannya pada rabu (03/01/2024) menyampaikan bahwa menghadapi Bulan Suci Ramadahan Yayasan Al-Ma'Ruf Kembali membuka Programnya.

"Saya selaku Pimpinan Yayasan Al-Ma'Ruf menyatakan bahwa Yayasan kembali Membuka Program Tahsin dan Tahfidz Al-Quran untuk persiapan Generasi Milenial Pecinta Al-Quran dan juga menghadapi bulan suci Ramadan yang tinggal beberapa bulan lagi, saat ini juga Masjid Al-Ma'ruf sering dijadikan sebagai Pusat Kajian Dakwah dan terbuka untuk semua kalangan baik itu dari Organisasi Muhammadiyah, Nadhlatul Ulama, Ormas Salafi dan juga dari Jamaah Tabliqh." Tegas Yusran Djupura sapaan Akrab Ka Eci



Ketua Yayasan Al-Ma'Ruf Yusran Djupura juga menambahkan, Jika Kabupaten Boalemo dikenal sebagai Daerah Bertasbih sehingga perlunya menciptakan Generasi Muda Milenial yang Paham dan Mengetahui Tentang Agama, untuk itu peran serta dari Masyarakat, Orang Tua dan Pemerintah serta seluruh elemen sangat dibutuhkan.

"Insyaallah Niat Tulus dari beberapa teman pengurus dalam membuka kembali serta mengambangkan Yayasan Al-Ma'Ruf demi mencerdaskan Kehidupan Bangsa baik secara Umum dan Secara Agama di Tingkat Kabupaten Boalemo, mendapat Respon Positif dari Masyarakat, Pemerintah Daerah, serta Seluruh Elemen". Ucap Yusran Djupura


Dirinya juga menambahkan bahwa Yayasan Al-Ma'Ruf menyelenggarakan Program LTQ (Lembaga Tahsin dan Tahfidz Alquran), TPA/TPQ (Taman Pendidikan Al-Quran) Pondok Tahfidz - Majelis Taklim, Koperasi Syariah - SDIT (Sekolah Dasar Islam Terpadu), dan Panti Asuhan. Sehingga dibutuhkan Support Sistem dari semua Kalangan demi menciptakan Generasi Muda Kabupaten Boalemo yang mampu Bersaing serta memiliki Ilmu Pengetahuan dan Pandai dalam Membaca dan Menulis Al-Quran.


Yusran Djupura Berharap Ketika Yayasan Al-Ma'Ruf membuka Programnya, akan banyak Calon Siswa yang mau bergabung sebagai santri di kegiatan Pengajian (Baca, Tulis Al-Quran), serta Kegiatan Lainnya, dirinya juga Berharap nanti jika ada Masyarakat yang Ingin belajar Mengaji, maka di Yayasan Al-Ma'Ruf juga disediakan Khusus Baca Tulis Al-Quran untuk Kalangan orang Dewasa, Semoga hal Ini mampu Memotivasi Masyarakat Kabupaten Boalemo terutama yang ingin Belajar Mengaji.


Penulis : Ayimun Sunga