Kapolda Sulut Ngopi Bareng Ormas Adat Sulawesi Utara, Irjen Pol Yudhiawan : Ajak Jaga Kamtibmas Bersama


Suaraindonesia1, Manado - Kapolda Sulawesi Utara (Sulut) Irjen Pol Yudhiawan bersilaturahmi dengan sejumlah organisasi kemasyarakatan (ormas) adat Provinsi Sulut, pada Selasa (23/1/2024) sore.


Pada pertemuan yang dikemas dalam bentuk ngopi bareng di Kawasan Megamas, Kota Manado ini, dibahas beberapa hal terkait situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas). Kapolda mengajak ormas adat untuk bersama-sama menjaga keamanan.



Kapolda usai kegiatan mengatakan, silaturahmi ini sebagai ajang untuk memperkenalkan diri sebagai pejabat baru sekaligus menjalin kemitraan dengan ormas adat.

"Jadi, kami memang sengaja bertemu dengan tokoh adat yang ada di Sulawesi Utara ini dalam rangka bersama-sama menjaga situasi keamanan, terutama menjelang Pemilu," kata Irjen Pol Yudhiawan.



Menurutnya, situasi kamtibmas yang aman, nyaman, dan kondusif itu sangat diperlukan.

"Kita semua adalah bersaudara, tidak ada yang perlu dipermasalahkan. Intinya, kami sebagai orang baru pun juga harus kulonuwun (permisi), sesuai tugas pokok kami yang saat ini bertugas di Sulawesi Utara harus menjunjung tinggi kearifan lokal," pungkas Irjen Pol Yudhiawan.



Sementara itu mewakili ormas di Sulut, Ketua LMI Pdt. Hanny Pantouw, mengapresiasi kegiatan silaturahmi ini.

"Baru sekitar dua minggu Pak Kapolda menjabat tapi sudah bertemu dengan ormas, kita anggap ini suatu langkah maju yang luar biasa. Di tengah kesibukannya, Pak Kapolda memberikan waktu untuk bertemu dengan ormas adat, itu hal yang positif," ucap Pdt. Hanny Pantouw.

Lanjutnya, dengan adanya pertemuan ini akan terjalin komunikasi yang baik antara Kapolda dan ormas di Sulut.

"Semua informasi dari ormas direspons positif, dibuka ruang untuk komunikasi selanjutnya. Harapan kami pertemuan ini bisa berlanjut. Agar Sulut khususnya dalam rangka Pemilu bisa menjadi daerah yang aman dan kondusif," tutupnya.

Turut mendampingi Kapolda Sulut dalam silaturahmi tersebut yaitu, Dirbinmas, Dirintelkam, Kabidhumas, dan Kapolresta Manado. (Rom)