Wakili Pemerintah, Wabup Suharsi Terima Penghargaan untuk Pohuwato

Suaraindonesia1, Pohuwato - Berhasil meraih peringkat pertama penilaian penyelenggaraan pelayanan publik tahun 2023 di Provinsi Gorontalo, Kabupaten Pohuwato mendapat penghargaan dari Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Gorontalo.

Piagam penghargaan atas penilaian kepatuhan penyelenggaraan pelayanan publik tahun 2023 diserahkan Plt Kepala Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Gorontalo, Wahyudin Mamonto dan diterima Wakil Bupati Pohuwato, Suharsi Igirisa, di aula Dinas PUPR Pohuwato, Senin, (22/01/2024).

Atas penghargaan tersebut, menempatkan Kabupaten Pohuwato sebagai peringkat pertama penilaian penyelenggaraan pelayanan publik tahun 2023 melebihi kabupaten kota lainnya di Provinsi Gorontalo dengan nilai 80,66 atau tertinggi di Provinsi Gorontalo.

Diketahui, penilaian dilakukan berdasarkan hasil kerja sama lima instansi penyelenggara pelayanan publik yaitu Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Puskesmas Marisa, dan Dinas Kesehatan.

Plt. Kepala Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Gorontalo, Wahyudin Mamonto menyampaikan bahwa penilaian ini merupakan kali kedua Kabupaten Pohuwato menerima anugerah kepatuhan tinggi terhadap undang-undang nomor 25 tahun 2009 tentang pelayanan publik yang dimaksudkan untuk memberikan kepastian hukum dalam hubungan antara masyarakat dan penyelenggara dalam pelayanan publik.

"Alhamdulillah, kali ini Kabupaten Pohuwato baru bisa bersaing dengan kabupaten kota lainnya, karena sekali di survei langsung bisa melebihi kabupaten kota lainnya di Provinsi Gorontalo termasuk Pemerintah Provinsi Gorontalo",ungkap Wahyudin.

Sementara itu, Wakil Bupati Pohuwato, Suharsi Igirisa mengaku bersyukur dan berterima kasih atas penilaian serta pencapaian nilai yang terbaik.

“Nilai ini bukanlah tujuan akhir untuk memberikan pelayanan publik kepada masyarakat, akan tetapi hal ini bisa menjadi pendorong semangat agar dapat senantiasa terus-menerus memberikan pelayanan publik yang efisien, cepat, mudah, serta bebas pungli.

Dan selaku pemerintah daerah, kami menyampaikan terima kasih serta apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Perwakilan Ombudsman RI atas pendampingan dan bimbingannya kepada perangkat daerah, sehingga Pemerintah Kabupaten Pohuwato bisa mencapai hasil dengan nilai 80,66 dengan predikat zona hijau",ujar Wabup Suharsi.

Selanjutnya kepada perangkat daerah, wabup juga menyampaikan ucapan terima kasih karena telah berpartisipasi secara optimal dalam penyelenggaraan pelayanan publik selama ini.

“Kami berharap pelayanan publik di Kabupaten Pohuwato ini bisa semakin baik, dan jadikan penghargaan ini juga sebagai inspirasi untuk kemudian melahirkan inovasi pelayanan publik. Mari terus berpacu dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik yang lebih profesional, transparan dan akuntabel",harap Wabup Suharsi Igirisa.

(Abd)